Menantu Buat Ibuk.

wedding flower. sumber : google.com


Hembusan angin memanjakan suasana
Berikanmu kehangatan,
tasbih syukurku hanya padaMu
Kupasrahkan segalanya
Akan semua karunia yang telah Kau berikan
Bersyukurlah...
-Tefa, Bersyukurlah-

Semalem banget habis nonton web series dari jilbab alsa. Judulnya “Ayah dan Cinta”. Mumpung ada WiFian gratis, hehe. (dirumah dot com). Menarik, karena menurutku web series ini ‘beda’ dengan web series sebelum-sebelumnya (yang ku tonton, ehee). Diawali tokoh yang main kayanya ga asing. Ternyata ada Om Teddy SNADA yang berperan sebagai Ayah. Sisanya ga kenal, kecuali Erica sama suaminya, Yaumil Rizky yang udah pernah kulihat di Instagram. Yaps, web series yang selalu diawali soundtrack yang engga asing juga, Tefa-bersyukurlah ini ternyata menyadur dari buku Hujan Matahari dan Lautan Langitnya MasGun. Pantesan puitis abisss. Kenapa beda? Jika web series hijrah lain menekankan ke bagaimana dua insan dipersatukan, nah ini lebih menyoroti tentang perjuangan setelah berkeluarga dan tentu saja, cinta pada keluarga. Tak lupa, kata kata puitis nan romantis sebagai judul maupun saat filem nya main, tersajikan dengan sederhana dan natural.

Okesiap, kuceritakan singkatnya ya. Web series yang terdiri dari sembilan episod ini diawali tentang perasaan seorang Ayah yang merasa anak gadisnya mulai dewasa. Rasa-rasanya baru kemarin bertanya tentang jilbab, dan sekarang sepertinya sudah masanya putri kecilnya berkeluarga. Duh duh. Sedih banget di awal-awal ini. Gimana perasaan Ayah kita yak, ngelihat kita? Hehe. Jadi inget narasi yang pernah dipost masGun dan disuarain sama dokter Fina jaman masih ada soundcloud itu. Tentang kekhawatiran orang tua terhadap anak gadis yang sudah dibesarkannya sedari kecil: Pria seperti apa yang kelak akan meminangnya? Akankah sebaik dirinya sebagai ayah? Cukup kokohkah bahunya untuk bisa putrinya bersandar? Seberapa besar kesanggupannya untuk dipasrahi ‘tugas pengasuhan’ putri kecilnya itu? :’)

Lalu scene dua, tentang seorang lelaki yang mulai memberanikan diri melamar yang dicinta. Bukan sekedar menyatakan perasaan tanpa minta ada balasan (eaa) atau pun ngajakin pacaran: Dia serius untuk melamar. Dalam web series ini dikisahkan Taufan (Aktor laki-laki) sering mendiskusikan pada Ibunya tentang rencananya. Iyaps. Dia selalu minta pendapat Ibunya dan rajin nelepon Ibunya. Secara, sampe kapanpun, surga lelaki tetap berada pada telapak kaki ibunya. Beda sama kita, perempuan, yang setelah menikah, surganya berpindah kepada suaminya :’) Jaman sekarang kayanya jarang ya ada cowok apa ikhwan yang ndiskusiin banyak hal sama Ibunya. Kayanya emang pesan web series ini dapet banget.

Lalu, tanpa adegan menye-menye atau dikisahkan gimana-gimana prosesnya, alhamdulillah udah akad aja gitu. Terus mereka membangun bahtera rumah tangga. Siaap berlayar menuju dermaga syurgaa... Eaaa. Ohya, ada satu judul yang menarik: Setiap peminang adalah perampok anak perempuannya. Ini dikisahkan si Ayah ngerasa sedih gitu bakal ditinggal Putri satu-satunya itu. Bayangpun, beliau udah nge gedein kita sampe kaya gini. Tetiba jika masanya datang, si peminang kayak tinggal ambil gitu. Ibarat nanem pohon tuh ayah ibu kita. Lalu suami kita itu dateng pas buahnya udah mateng dan siap dipetik. Udah, metik aja gitu. Padahal proses hingga si buah mateng gitu masyaAllah banget lamanya :” kebayang gimana perasaan Ibu Bapak kita jika dia dateng besok?

Lalu, permasalahan sekitar mewujudkan mimpi; berkolaborasi, membantu mewujudkan mimpi yang lain, dikemas dengan ciamik menurutku. Pas! Udah gitu aja deh reviewnya, kalau temen-temen penasaran bisa dilihat langsung di youtube. Ehehe.

Oke, udahan web seriesnya. Kita balik ke dunia nyata. Aku mau ngomong buat diriku sendiri dan saudari-saudariku para ukhti dan para muslimah yang Allah sayangi. Apa ya. Alesan kenapa setahun belakangan (dan menjadi meningkat dua bulan terakhir), aku sering banget mudik adalah... aku merasa waktuku dengan kedua orangtuaku tak lama lagi.. #mendadakmelow #kunangisbeneran. Iyalah, secara, merantau sejak SMA membuatku jarang pulang dan jarang merasakan ‘bertumbuh’ bersama orangtua. Support finansial jangan ditanya. Namun ‘kebersamaan’ itu sungguh mahal. Apalagi, idealisme mahasiswa S1 ku yang sok banget itu membuatku jarang banget pulang. Sebulan sekali aja udah prestasi. Karenanya, keterbukaan menjadi hal yang amat langka, sebab dari jarang adanya interaksi itu. :”

Makanya, pas Ibuk bilang buat segera nikah sana, dalam batinku menjerit, “Ibu tu tau ndak sih, aku bukannya ngga pengen nikah segera. Aku tu pengen deketan Ibu lebih lama lagi. Ibu sadar, ndak?” Udah sih gitu aja. Karena tahu kehidupan nanti setelah berumah tangga tentu beda dong sama pas masih single. Ijin ke siapanya aja udah beda, kan.

Maka para shalihat, jika masih dikasih umur dan kesempatan; yuk kita perbanyak interaksi sama Ibu Bapak kita. Ato keluarga kita. Kakak adik kita. Tetangga mah selanjutnya yak, ehehe. Yak, minimal nggelendot manja, tunjukin bahwa kita adalah anak mereka yang siap bilang “Okay shaap” dalam tiap pinta mereka :”) Engga tau kan kalo besok tetiba udah jadi istri orang, ngga se leluasa sekarang. Syukur-syukur, kita bisa nunjukin bakti meski receh. Mbersihin rumah, nyuci, masak, dsb (Ini mah Peer aku bangeet wkwk). Walau mudik berkali-kaliku seringkali berakhir di bobo’ lama gegara keenakan kasurnya empuk sih :” tapi gapapa, minimal nge nongolin wajah kita ke mereka aja kayaknya udah lebih dari cukup yaa.

Udah sih, itu aja curcolnya. Ehehe. Ohya satu lagi, inget banget dulu Ibu pernah bilang ke aku, “Cari jodoh tu yang kaya Bapak.” Yang kaya gimana atuh, Buk aku mbatin. “Yang bisa segalanya..” Eaa eaa eaaa. Wkwk. Adalagi petuah Ibu,mungkin Ibu udah lupa tapi aku inget banget. “Menikahlah dengan yang mencintaimu, bukan dengan yang kau cintai..” Beraaat. Intinya mah apa ya kalo aku ubah mah, menikahlah dengan yang mencintaiMu, mencintai rasulMu.. eh kok malah nyanyi lagunya Kang Abay wkwk. Itulah ibuku emang suka ngelucu kadang. Satu lagi kelucuan  Ibuku, pernah nanya, “Udah ada yang ngajakin nikah belum?” Wkwk aku ketawa dong. Udah buk, banyak, aku mbatin. Sombong timen bocah kiya yak. Tapi aku jawabnya ketawa aja. Duh si Ibu mah ga peka ya kalo kita pengen lebih lama nggelendot manjanya. Ngga pengen pergi cepet-cepet...

Yah, semoga nanti beneran jika masanya; kita emang udah siap semuanya. Siap bakalan gimana-gimananya. Berdo’a, supaya kelak ia yang kita semogakan itu baik hatinya dan mengizinkan kita untuk terus rajin dan rutin menyapa orangtua kita. Ikhwan shalih mah kudu gitu ya. Kalo ngga ngizinin ngga jadi shalih dong ya, ehehe.

Udah ah, ngelantur.

Buk, Ibuk. Kaya meme-meme waktu itu buk.

“Aku sayang Ibuku. Tugasku, mencarikannya menantu yang baik: kamu.”

Eaaa eaaa eaaaa.

Udah ah. Bye. Selamat melanjutkan aktivitas lainnya. Semoga kita makin sayang orangtua kita, dan orangtua kita makin sayang sama kita.

Yogyakarta, 26 Februari 2019
Yang masih suka geguyonan ga jelas kalo nulis. Yang masih berusaha jadi anak baik buat kedua orangtuanya.
Di tengah hujan yang mengguyur jogja, 23.01, kupanjatkan do’a
Allahumma shayyiban nafi’an... Wa rizqan thayyiban, wa ‘ilman nafi’an, wa amalan mutaqabbala.. wa zaujan shalih... #eh boleh dong.
Rizki Ageng Mardikawati.

Komentar