Membuat Perjalanan


Perjalanan ini mungkin dibuat dengan ragu-ragu tapi sekali kita melangkah, kita harus kuat. Kuat dalam mempertahankan langkah kita agar tetap ke depan. Biar sedikit, kita mengerti bahwa perjalanan itu adalah sebuah proses panjang. Hijrah dari satu tempat ke tempat lain, dari keadaan yang sebelumnya ke keadaan berikutnya, dari kondisi buruk menjadi lebih baik.
Kita tidak perlu sibuk berceramah kepada orang lain atas perjalanan yang ia buat, karena ia tentu sedang berjuang keras untuk itu. Siapa kita sampai berani menghakiminya?
Perjalanan ini mungkin akan dibuat dengan kecemasan dan kekhawatiran akan masa depan. Ketidakpastian akan hidup dan ketakutan pada kemiskinan. Namun, bila kita tidak bergerak untuk mengubah dunia kita, maka dunialah yang akan mengubah kita. Bila kita tidak membuat keputusan, maka keadaanlah yang akan memutuskan apa-apa yang harus kita lakukan.
Karena perjalanan ini panjang, kita perlu kekuatan untuk menjalaninya. Kekuatan itu adalah keyakinanmu pada satu kenyataan bahwa perjalanan di dunia ini tidak lama, tidak nyata, dan melenakan. Kalau kita paham ke mana tujuan kita, perjalanan kita berserta segala ujiannya akan terasa ringan.
Yogyakarta, 17 September 2015 | ©kurniawangunadi

Komentar