Ikhlas dan Sabar; Mereka Sodaraan


Terkadang, kita beribadah seakan 'jika ada waktu saja', atau 'sesempatnya aja'. Seolah dunia lah yang utama, dan akhirat hanyalah selingan. Misalnya nih.. kita kerja keras ngerjain laporan kknppl ‪#‎ehcurhat‬ terus adzan kita berhenti dan shalat. Kalo nanggung, kadang kita bilang, "bentaraaan.. nanggung." Itu sholat. Lah, tilawah boro-boro ‪#‎hiks‬. Padahal nih ya, kalo semuanya diniatin ibadah kan ya adem ayem tentrem. Ngerjain laporan pun juga jadi ibadah kan ya:')

Kadang, emang kudu ngeluangin waktu khusus buat bercakap sama Allah, berdua aja; ngga dingangguin sama siapapun; sms, telponn, fb, twitter, line, WA ato apalah itu. Kadang kudu ngeluangin quality time yang emang benerbenerr buat tilawah, buat mbaca. Gitu. Bukan seluangnya; bukan kalo sempet aja #hiks

Banyaaak orang yang nganggep kalo musibah itu bencana, dan ujian ya musibah itu. Padahal manteman, yang sebener-benernya bernama UJIAN adalah menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Kebayang rasanya? Syusyaaaaah bangeeeet. Saat kita ngempet sambil merem dan tereak terhadap sesuatu yang kita nggak boleh ngedeketinnya, padahal kita ingin beud. Tapi itu larangan; konsekuensinya kita emang kudu ngejauhin. Atau, melakukan sesuatu yang enggak banget. Yang ngga pingin kita ngelakuinnya dan rasanya ogaaaaah. Tapi kudu tetep dilakuin, karena itu perintah.


Selayaknya Nabi Ibrahim yang menjalankan perintahNya; Bapak mana coba yang tega nyembelih anak yang digadang2 nya? Manaaaa? Tapi toh, itu perintah Allah; dan Ibrahim sungguh-sungguh yakin bahwa Allah sekali-kali tak akan pernah mendzaliminya. Iya. Tak akan pernah. Maka ia jalani.
Nak, dalam menjalankan perintah Allah, kadang kita aja yang banyak alesan. Menjauhi sesuatu pun begitu; kita mangkir dengan 1001 acara.

"Tilawah elu udah sejuz?"

kita mangkir, "Sibuk syuroo meen..." , "Ngerjain tugas bejibuun" dan sejuta alesan lainnya.

T.T

Nak, Ikhlas sama sabar itu dua hal yang beriringan. Ikhlas gak akan bisa jalan tanpa kesabaran. Dan sabar? Ia hanya butiran debu tanpa keikhlasan.

Ikhlas bukan sukarela! Ikhlas adalah mengerahkan segala daya upaya! Ikhlas adalah kemampuan diri untuk menjaganya dari syak dan wasangka. Dari dosa-dosa syahwat yang nista.

Jika udah ikhlas nak, apapun yang kamu jalani bakalan enjoyyy bahagiaaa sejahteraa. Karena tujuan mu nak, ya cuma buat Allah yang Esa. Belajar Ibadah. Ngapalin surat ibadah. Makan pun jadi ibadah. Ngerjain amanah juga ibadah. Tidur pun Ibadah. Bernapas kita Ibadah. Enak, kan?

Ikhlas. Satu kata bertrilyun perjuangan untuk mendapatkannya. Yok belajar ikhlas sama-sama. Bismillaah yaa..

‪#‎KajianMasmuja‬

Riyadush Shalihin-nya ustad Sholihun, dengan sedikit perubahan gaya bahasa.

Oh taaaaddzzz, kenapa bahasan kajian senin sore selalu pas dan ngena? Selalu jlebb jleeeb tak terkira? Seolah akulah yang sedang dibahas ‪#‎pedenya‬

Ikhlas yok, manteman. Jangan lupa sertakan sabar didalamnya :')

Komentar