Aku seorang kakak? Benarkah? (Part 1)

Bismillah...

Kembali melihat sekeliling, mencari-cari, barangkali ada inspirasi yang bisa dibagi.
Menjadi seorang kakak? Hmm.. rasa-rasanya menjadi adik itu lebih enak :D kita bisa bermanja-manja dan tidak ada kewajiban untuk memberikan teladan yang baik. #ini persepsi yang salah :D Ngikut kakak, begitu alasannya. Namun benar juga statemen ini: kapan mau dewasa kalau jadi adik terus? Suatu saat kita memang dan pasti akan jadi kakak ^^ entah itu kakak kelas, kakak beneran (karena ibu ngelahirin adek kandung :p), ataupun kakak pembina ekskul, bahkan kepala bidang dalam suatu organisasi yang kita ikuti.
Apa yang anda teman-teman bayangkan dan idam-idamkan dari seorang kakak? Yap! Seseorang yang dewasa? seseorang yang mampu mengerti kita, yang bisa dimintai bantuan, yang bisa dijadikan tempat curhat? Atau.. apalagi?  ya, saya yakin masing-masing dari kita punya impian dan ekspektasi yang besar. Heuu, sungguh kasihan seseorang yang dilabeli kakak ini ^^ tanggung jawab, tanggung jawab, dan tanggung jawab ^^ menjadi teladan, menjadi panutan, menjadi tempat sandaran (setelah bersandar sama Allah tentu saja). Kata kakak (kandung) saya, jadi anak pertama itu luar biasa, beban moral dan mental karena harus memberikan teladan terbaik buat adik-adiknya. Dan saya pun Cuma manggut-manggut sok mengerti karena merasa tak memiliki kewajiban itu. :D



Namun, masa terus berganti. Dia, si waktu, nggak mau sama sekali disapa dan diajak ngobrol bentar. Mbok ya berhenti, begitu batin kita menjerit. Namun tidak, sudah sunnatullah memeng ia harus terus berjalan, berjalan dan terusss berjalan. Kita fine-fine aja jadi anak TK kecil, tiba-tiba jadi TK besar dan punya adek kelas di TK kecil. Kelas 1 SD, tiba2 kelas 2. Jadi kakak lagi. SMP kelas 1, enaknya menjadi yang paling junior. Namun lagi-lagi, tahun berganti dan kita jadi kakak kelas. SMA dan kuliah pun begitu. Ee.. udah ada yang nanya kita, mbak caranya ikutan SNMPTN teh gimana? Mbak, ajarin PR ini.. yaa.. ^^ karena sudah digariskan jadi kakak, secara umur kita juga lebih tua *walo nggak selalu, tapi kita dianggap lebih tua dan lebih tau duluan, makanya kita ditanya-tanyain. Sama posisinya kalo kita tanya2 ke kakak kelas ^^

Yaap... di kuliahan ini masa berlalu dengan cepatnya. Perasaan saya kemarin masih galau mau nyontreng prodi apa di lembar pendaftaran online. Pendidikan dokter, psikologi, atau hubungan internasional.. ee.. subhanallah akhirnya nyontreng pendidikan Fisika UNY dan Allah ngasih jalan ke situ. Hehe.. perasaan kemarin diakhir semester satu masih galau mau ikutan organisasi apa di kampus, sebelum akhirnya milih himafi dan haska sebagai pilihan di hati :p yaa.. waktu itu berjalan aja, dan jreeng jreeng.. tiba-tiba jadi panitia OSPEK yang artinya adalah masuk barisan orang-orang yang menyambut maba. Uooww.. Maba! Berarti sekarang saya tak menyandang gelar itu lagi? Oww.. tidak, masih.. maba, mahasiswa bahagia , insya Allah J karena saking pinginnya belajar jadi kakak, saya mau daftar jadi pemandu, namun belum bisa karena harus diampu mahasiswa yang lebih dewasa: mahasiswa tingkat dua. Yaa.. berbahagia di keluarga acara dan sempat jadi pemandu gadungan alias pemandu pengganti yang megangin bedeng nama kelompok pas Technical Meeting sementara pemandu asli asyik mempersiapkan diri buat pementasan. Aa.. senengnya! Masih inget waktu itu saya di depan adek2 yang jumlahnya ratusan (barisan saya Cuma belasan sih :p), dan ada yang bertanya..

“Mbak? Pemandu kelompok ini ya? Namanya siapa?”
Saya manggut-manggut sambil nahan ketawa.
Lalu salah satu lagi nyeletuk, “Lho, namanya Gandung, mbak Gandung?” mereka mengernyitkan dahi heran sambil ngeliatin bedeng nama kelompok yang memang bertuliskan “GANDUNG” diatasnya.

Saya Cuma bisa ketawa dalam hati. Ha-ha-ha. Dan pada akhirnya ketika mereka menemukan Mas gandung yang sebenarnya, mereka baru paham kalo saya just figuran :p *apa ya yang ada dibenak mereka? Pasti udah pada lupa T.T

*** (tarik napas dulu sebelum lanjutin baca, masii panjang mas mbak broo J) ***

Hoho.. kembali ke kakak ya J saking pinginnya jadi pemandu, saya daftar panitia SLK Himafisika. Masiih inget banget waktu wawancara ditanyain koor pemandu, mas Jokoring alias mas Joko Garing *piss mas :Dv kenapa mau daftar pemandu, saya jawab dengan berbunga-bunga bahwa menjadi seorang pemandu adalah impian saya, hahaha.. belajar menjadi seorang kakak ^^

Alhamdulillah, diterima! Yeeii! Jadi pemandu juga akhirnya *fiuh. Walopun temen2 pemandu kebanyakan dari mahasiswa tingkat dua juga. #berusaha memantaskan diri dan sok dewasa, tapi tetep aja kekanak-kanakan :O
Yep yep.. debut pertama menjadi seorang pemandu pun dimulai... jreeeng jreeng.. saat TM Studi Lapangan (SL), alhamdulillah kebagian kelompok ‘Omicron’. Katanya sie acara sih ini lambang fisika, tapi kok ya saya belum pernah denger. Setelah search di internet, ternyata ada! Lambangnya huruf O :D alhamdulillah dapet adik-adik yang imut-imut nan menyenangkan. Masih ingat siapa mereka? Masiih.. ada Putri (yang rajiin banget), Lilis (yang suka bawa jajan :D), Azza (yang imuut banget! ), Mahmudah (yang sempet tertukar di kelompok mba Eva), Adilia (yang mirip temen sebangkuku di SMA), Heningtyas (yang takut naik transjogja, hee), Ahsan (yang teriak minta dipanggil Hasan aja, soalnya ada maba lain yang namanya Ahsan), lalu Mughni (sekarang udah pindah ke STPN, “Sehatkah kau disana, Nak?”) hoho.. begitulah. Suasananya jadi heboh dan menyenangkan, walopun perjumpaan dengan omicron ini sangatlah singkat karena saya Cuma membimbing mereka sampe SL saja. Sempat tertukar manggil Azza sama Putri, *dulu kalian mirip! Hiks.. akhirnya di hari SL, sorenya kita poto2. Pemandunya kecil ditengah *mana pemandunya. Hehe.. nice moment, Omiii... I’ll miss u all.. jangan lupain mbak ya :p

Debut kedua, *halah ini ngapain sebut2 ‘debut’ segala, menjadi pemandu malam keakraban SLK Fisika 2012. Yee! Karena saya ini orangnya agak gugupan dan bingungan, hoho.. sempet takut kalau nanti ngga bisa membimbing, apalagi peralatan SLK sangat banyak :D, padahal saya nggak ada motor, nanti bantuin nyari alatnya gimana. Alhamdulillah diingetin sama Farah, temen sesama pemandu. “Kita kan Cuma membimbing riz, arahin aja. Biarkan mereka belajar untuk mencari kebutuhannya. Kita mengarahkan aja.” Sosweet farah, makasih :* nah, kali ini saya kebagian kelompok OSILASI.. kalau omicron saya panggil Omii, kalau ini Osiii J anak-anak Osi ini antara lain Dwi Putri (yang sosweet banget bikin puisinya), Iis Hadayani (yang seru, ehem, kau punya bakat terpendam, nak :p), merya (yang rajin belajar banget, hee), Niken (yang suka senyum senyum sendiri, hehe), Yoga (yang sering manggil aku ‘mbak iqiiii’ cuman kamu yang manggil gitu -,- hoo), paryati (yang lembut banget :D), Nurrohmah (yang lembut juga dan sering aku sama-samain mirip Tika temen sekelasku, :D), sama siti Zaenab (yang minjem laporan kimiaku, ups.. gapapa.. bawa aja zay ;p). Yaa.. anak-anak osii ini juga sama menyenangkannya dengan anak-anak omii :D walopun ngga sempet poto bareng lengkap, tapi kita satu atap tiga hari dua malem, bro! Hehe.. :D sempet shock bahagia juga pas mereka ngeluarin yel-yel kocak yang dipimpin sama Iis..ahaha.. sampe2 temen2 Hima shock, “ee,, rizki yang ngajarin ya? Hemm.. ternyata” tapi saya seneng dan bangga sama kalian, Nak :’) tetaplah bersinar :D

Anak-anak omicron dan osilasi.. maafin mbak kalo punya salah yaaa.. maaf kalo sering gaje *gajelas dan membingungkan. Aku sayang kalian ^^

***
Setelah itu, udahan? Enggak! Yang selanjutnya lebih seru
Nantikan kelanjutannya..
T o   b e   c o n t i n u e d.....

Bumi Allah, ditulis waktu liburan beberapa waktu yang lalu..

Komentar

Posting Komentar

Bismillah..
Sahabat, mohon komentarnya ya..
-demi perbaikan ke depan-