Lilin-Lilin kecil: Itukah aku? Itukah Kamu, sahabatku?

Manakala mentari tua
Lelah berpijar
Oh...
Manakala bulan nan genit
Enggan tersenyum
Berkerut kerut tiada berseri
Tersendat-sendat merayap dalam kegelapan
Hitam kini hitam nanti
Gelap kini akankah berganti

Engkau lilin-lilin kecil
Sanggupkah kau mengganti
Sanggupkah kau memberi
Seberkas cahaya
Engkau lilin-lilin kecil
Sanggupkah kau berpijar
Sanggupkah kau menyengat
Seisi dunia



Malam ini.. setelah beraktivitas padat seharian... mecoba refreshing melepas kepenatan.. iseng kubuka playlist.. kudengarkan lagu-lagu instrumentalia.. dan sampailah pada lilil-lilin kecil-nya om Chrisye..
dan subhanallah.. ternyata maknanya luar biasa! Jika mau kita resapi, ternyata ada benarnya juga.. manakala semangat-semangat kita mulai redup, azzam kita tak sekuat dulu.. api membara kita mulai padam.. senyuman kita memudar... akankah kita akan bertahan pada kondisi seperti itu? tidak, bukan?


Ya kawan.. Lilin-lilin kecil itu.. ibaratnya adalah aku dan kamu.. kita ini harapan bangsa, kita ini pejuang kebenaran.. sanggupkah kita memberi seberkas cahaya? Sanggupkah kita menjadi pembakar semangat seisi dunia? mampukah kita menginspirasi kebaikan di lingkungan kita?

Ya kawan.. jika kita lelah, jika kita menyerah? siapakah yang akan melirik estafet itu? siapakah yang akan meneruskan perjuangan ini? kita bukanlah pemula.... kita bukan pula penghujung.. tapi kita adalah penyambung.. akankah kita diam saja? ingin berlari tinggalkan ini semua?

kawan, harapan kita masih panjang.. asa-asa itu akan terbentang.. kau yakin, kan pada cintaNya? kau yakin, kan akan pertolonganNya? Ya kawan.. jangan pernah lagi ragu melangkah.. yakinlah.. teguhlah.. Bangsa ini butuh kita.. negeri ini perlu kita.. kitalah yang akan mengubah negeri ini jadi lebih baik...

kawan, kitalah lilin-lilin kecil itu...



Kamis, 5 Juli 2012
kamar muhasabah...
lama sekali, ya, aku tak menulis?

Komentar