Bangkitkan Generasi berkarakter dengan SNPK 2012


FMIPA UNY bergema. Pagi ini, 27 Mei 2012 diadakan Seminar Nasional Pendidikan Karakter di ruang seminar FMIPA UNY pukul 08.00 s.d 12.00 WIB. Acara yang bertemakan “Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Ketajaman Nurani dan Intelegensi dalam menghadapi Era Globalisasi” ini diadakan oleh JRMN (Jaringan Rohis Mipa Nasional) Haska JMF FMIPA UNY. 

 

Acara ini mendapatkan respon yang luar biasa dari masyarakat. “Seminar ini begitu penting. Mengingat dewasa ini banyak orang yang pintar, namun hanya sedikit yang berkarakter.” Kata Samsul Feri , ketua panitia kegiatan ini. Feri menambahkan bahwa jumlah peserta melebihi dari target, yaitu mencapai 394 orang peserta.

Seminar ini mendatangkan dua pembicara kelas Nasional. Pembicara pertama adalah Prof.Dr.Husein Haikal, MA yang memberikan materi mengenai penerapan pendidikan karakter. Pembicara yang merupakan pakar pendidikan karakter UNY ini memberikan banyak contoh penerapan pendidikan karakter melalui berbagai cuplikan novel bestseller, seperti Laskar pelangi dan Negeri 5  menara, yang sarat akan muatan pendidikan karakter.  “Menerapkan Pendidikan karakter adalah persoalan kemauan. Apakah kita akan menguap terus ataukah We’ll change our life.”

Disusul pembicara kedua, Solikhin Abu ‘Izzuddin. Penulis buku bestseller Zero to Hero ini memaparkan solusi dan kiat untuk membumikan pendidikan karakter. Metode penyampaian yang menarik membuat peserta begitu menikmati materi dan tertawa lepas.  
 
“Acara ini sangat menarik. Sampai nggak kerasa kalau sudah selesai.” Ungkap Mia, mahasiswi pendidikan kimia UNY yang mengikuti acara tersebut. “Salut untuk panitia atas kerja luar biasanya.” tambah Ummi Baroroh, ketua putri Haska JMF FMIPA UNY. Harapannya, seminar ini menjadi titik awal kebangkitan pendidikan karakter di Indonesia.


(Rizki Ageng Mardikawati - Staff Laboratorium Juranlistik Haska JMF FMIPA UNY)
:: Tulisan ini pernah dikirimkan pada kolom citizen journalism Tribun Jogja

Komentar