13 Mei 2012

OSPEK CERIA #2 : Pak Ariswan, Dekan FMIPA yang Murah Senyuman ^^



                Bismillah,,

Oyeeii.. ketemu lagi ^^ kita lanjutin ceritanya yak.. ^^ jadi setelah TM pertama tanggal 25 Juli yang lalu, semua kelompok mempersiapkan penugasan-penugasannya. Tentu saja, dengan semangat koordinasi dan kebersamaan yang luar biasa bersama kelompok masing-masing. Begitu juga anabol (sebutan keren buat anabolisme) anabolisme rajin  banget menyapa deksel FMIPA (deksel= dekanat selatan). Setelah itu membentuk struktur kelompok, pemilu dimenangkan oleh Humam. (halah, kok pemilu ^^V) selisih sedikit dengan Budi dan Aden #pasalnya yang putra pada waktu itu cuma tiga biji, hehe.. sekretarisnya disensor. Gara-gara ketauan nulis, padahal ya seneng corat-coret. Temen2 main tunjuk niih, hehe. Dan sebagai bendahara yang begitu berjasa me-manage keuangan kita, Ilya.. :D

                Lalu berkutatlah kita dengan penugasan-penugasan, sempat juga karena kepingin kumpul2 lagi, yang putri2 arisan #hlo? Maksudnya ngerjain tugas lagi tapi ndak di kampus. Apa saja yang kita lakukan hari itu temaan-temaan?? Hanya kita dan Allah yang tahu, hehe :P

Nah, setelah TM pertama itu, FMIPA ngadain TM ke 2 pada tanggal 30 Juli 2011, yang kerennya disebut MIPA road to GOR, (maksudnya MIPA siap2 ke GOR ^^) nah, TM ke 2 ini tak kalah dahsyatnya dengan TM yang pertama, banyak ilmu dan motivasi yang subhanAllah sekali… mau lagi dong ^^
***
Setelah tanda tangan di prodi masing-masing dibantu oleh mbak-mbak KSK yang super baik hati itu, kami ngumpul lagi berdasarkan kelompoknya. Uyee… anabol!! :D alhamdulillah, anabolisme kebagian tempat di selatan, yang pertama, nomer 19, jadi deket sama panggung (enaknya disebut apa ya?) pokoknya deket sama sumber suara lah, jadi insya Allah ilmunya lebih gampang masuk, aamiin :D 

Kak Jarot dan Kak Pras as the MOT pun keluar, kembali menyapa kita dengan canda super gokilnya, lalu tiba-tiba, suasana jadi resmi.. ada apa ini? :D ya emang acara resmi akan segera dimulai. Hehe.. 

Setelah basmallah bersama-sama, dilanjutkan dengan pembacaan kalam Illahi, Surat Cinta dari Sang Maha Cinta. ^^ ini nih yang aku paling suka, di tiap kegiatan yang ada di FMIPA, selalu diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Keren beud dah. ^^V

Setelah itu, datang bapak-bapak jajaran dekanat ^^ Pak Dekaaan!! Lalu acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan. sambutan pertama tentu saja Kak Avi Raharjo, sebagai KorFak Ospek FMIPA 2011. Setelah salam semut sama bapak-bapak yang disampingnya, beliau langsung naik kotak (apa ya, pancikan kalo di daerah saya ^^V) dan meneriakkan teriakan supernya, HIDUP MAHASISWA! Di dalam sambutannya, kak Avi (tak bosan-bosannya) kembali mengingatkan kita tentang skenario terbaik yang Allah kasih sama kita. Jangan pernah menyia-nyiakan skenario terbaik itu, maka kita harus menjalaninya dengan ikhtiar terbaik pula. Tanggal 2 dan 3 nanti, akan ada  ospek Universitas  yang dilaksanakan di GOR. Kak Avi meminta kerjasama kami, para maba tak berdosa (padahal banyak) untuk melakukan yang terbaik di GOR nanti, kalau bisa jadi teladan gitu untuk fakultas yang lain. Beliau juga bercerita bahwa sudah tiga tahun FMIPA memantaskan dirinya untuk menjadi yang terbaik di GOR, maka dengan nada yang tegas dan pasti, kak Avi menyatakan optimismenya bahwa tahun ini pun FMIPA akan memantaskan dirinya lagi untuk menyandang predikat itu. Optimisme beliau semakin tumbuh saat melihat semangat dan antusiasme kami selama TM (jadi terharu :’) ) hmm.. pokoknya OSPEK FMIPA LUARR BIASA lah! Nanti kami harus nurut aba-aba yang dikasihkan kak Korlap (Korlap = Koordinator lapangan). Sip kak! ^^

***

Lalu, sambutan berikutnya, eh pembicara ding.. dengan dimoderatori oleh kak Muhammad Ikrom, yang juga koordinator pemandu ^^ dengan semangatnya beliau menyemangati kami para maba tak berdosa untuk terus bersemangat mengikuti serangkaian kegiatan full manfaat ini. Pembicara yang pertama adalah dari pak Ariswan. Siapa itu pak Ariswan? Beliau adalah Dekan-nya FMIPA (kayak kepala sekolahnya FMIPA, gitu ^^) pak Ariswan ini sosok yang begitu bersahaja, dan tentu saja humoris, ^^ ngelihat wajah beliau aja rasanya pingin senyuuum terus ^^ pak Ariswan nggak mau kalah, beliau juga naik ke kotak tempat kak Avi menyampaikan sambutannya tadi. Keren beud dah! :D Pak Ariswan yang dulunya juga aktivis pas masih kuliah ini dengan motto hidupnya “Hidup Untuk Ibadah” , kembali memotivasi kami untuk berani bermimpi lebih tinggi dan lebih tinggi lagi. :D Pak Ariswan yang sangat bersahaja ini telah menyelesaikan studi S1 nya di Universitas Gadjah Mada (UGM) lalu S2 di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan S3 beasiswa ke Perancis. Wuiih,, keren sekali pak!! :D namun, gelar yang beliau peroleh ini tak semerta-merta membuat beliau sombong, justru sebaliknya, makin bersahaja. Pokoknya Ilmu Padi banget. Inget Ilmu Padi?? Yak, pinterr, makin berisi makin merunduk ^^ pak Ariswan juga nggak mau kalo’ dipanggil pak Dekan, beliau maunya dipanggil Imam FMIPA aja, 1000 jempol buat anda pak d^^b

Pak Ariswan yang lahir di Kulonprogo, 14 september 1959 ini, memberikan sambutannya tentang pendidikan Karakter. Sesuai visi Universitas Negeri Yogyakarta, yaitu Bertaqwa, Mandiri, dan Cendekia, pak Ariswan menaruh harapan yang super besar pada kami para mahasiswa, para maba imut-imut ini ^^ untuk terus berkarya. Harapannya, lulusan FMIPA ini ndak Cuma keren di intelektualnya, tapi juga jos di karakternya ^^ jadi, antara IQ-EQ-SQ harus seimbang, dan inilah pemuda-pemuda yang kehadirannya senantiasa dirindu oleh bangsa. IP tinggi, tapi organisasi juga oke. Jangan jadi mahasiswa yang  3K, yaitu Kos, Kantin, Kampus :D atau mahasiwa kupu-kupu  (Kuliah Pulang- kuliah Pulang) ^^ intinya, manfaatkan masa mudamu dengan berlatih pengalaman di UKM atau organisasi :D  Beliau juga menambahkan, kalau OSPEK itu tujuannya sangat mulia, sebuah upaya penyapaan mahasiswa lama kepada mahasiswa baru. Oh iya, udah pada tahu kepanjangan dari OSPEK? Hehe.. pasalnya aku sendiri baru tahu pas ospek ini. OSPEK = Orientasi Studi Pengenalan Kampus, hoho.. #jadi malu :D OSPEK ini berguna buat nyamain visi misi kita, visi misi yang berkah dan barokah. Dan kebarokahan akan mengantarkan kita pada yang namanya ospek. Tentu saja, sukses yang hakiki. Di mata dunia dan di mata akhirat. Aamiin… Pak Ariswan juga menambahkan , bangsa ini BUTUH ORANG YANG JUJUR!! Maka, sebelum intelektual kita asah, spiritual kita juga harus nambah. Kita ini sungguh sangat beruntung. Di depan kampus FMIPA ini, berdiri masjid kampus UNY yang megah, masjid Al-mujahidin (masih ingat nama bekennya?? Masmuja :D) dan di samping masjid itu ada makam umum di daerah Karangmalang. Nah, filosofinya: ingat mati ingat ibadah. Dengan guyonan khasnya, Pak Ariswan mengingatkan kami, kalau nggak mau ke sini (Masmuja) lebih baik ke sono aja (makam). SUPER sekali pak.. saya bangga punya dekan seperti bapak ^^

***

Setelah sambutan super dari pak Ariswan, dilanjutkan oleh Kak Faizin, yang juga dari FMIPA’07, Kak Faizin yang juga seorang tutor ini menjelaskan tentang ke-tutorial-an. Mengapa tutorial PAI (Pendidikan Agama Islam) yang diwajibkan di UNY ini sangatlah penting. Kak Faizin mnjelaskan bahwa, 60% dari total penduduk Indonesia didominasi oleh pemuda. Dan hanya 4% yang berkesempatan jadi seorang mahasiswa! Ingat, HANYA 4% dari seluruh total penduduk!! Inget lagunya Bang Rhoma? Lebih dari 206 juta jiwa.. penduduk Indonesia ^^ 4% nya itung sendiri yak.. :D intinya, nggak semua pemuda beruntung dan berkesempatan menjadi mahasiswa seperti kita. Oleh karenanya, kita kudu bersyukur! Dan rasa syukur itu bisa kita wujudkan dengan makin mendekatkan diri pada Sang Maha Cinta dan memaksimalkan potensi kita sebagai mahasiswa. Yang muda, yang berkarya ^^ . lalu, kak Faizin menjelaskan peran kita sebagi pemuda, khususnya mahasiswa. Yang pertama, sebagai AGENT OF CHANGE!! Agen Perubahan, kalau perlu Direktur Perubahan! Di tangan kitalah perubahan bangsa ini, akankah berubah ke arah yang lebih baik atau sebaliknya. Masih ingat peristiwa Mei 1998? Mahasiswa bukan, yang membuat perubahan itu? Jawabnya: YA! Karena itu, dibutuhkan pemuda-pemuda yang bisa merubah bangsa ini lebih baik lebih baik, dan lebih baik lagi.  Sedih rasanya hati ini, ketika tahun  2009 yang lalu bangsa ini dinobatkan sebagai bangsa terkorup, astaghfirullah… bukankah ini sebuah musibah? Moral yang diserang, karena itu kita harus jadi pemuda yang berkarakter!! Yang kedua adalah mahasiswa sebagai SOCIAL CONTROL. Maksudnya, kita bisa jadi kontrol sosial buat pemerintah, dibutuhkan kontribusi kita untuk memajukan bangsa, dan jika dibutuhkan, mengingatkan pemerintah dan pengendali kekuasaan apabila yang mereka lakukan menyimpang dari jalan kebaikan. Kita harus memanfaatkan masa muda kita sebagai mahasiswa, karena pendapat mahasiswa itu didengar oleh pemerintah. Nah, apa semua mahasiwa harus memanfaatkan itu untuk perbaikan bangsa? Jawabnya adalah sebuah keniscayaan: YA! Masih ingat cerita nabi Yunus yang ditelan Paus karena meninggalkan umatnya? Semoga bisa jadi penyemangat buat kita. ^^ 

                Kak Faizin yang lahir di purworejo, 13 Juli 1989 dan mempunyai motto hidup “Sabar dan Tawakal Kunci Sukses dalam Kehidupan” ini juga menjelaskan peran kita yang ketiga, yaitu IRON STOCK! Cadangan besi? ==’ hehe.. maksudnya, kita ini harapan bangsa. Karenanya, urusan keimanan dan ketaqwaan, itu adalah URUSAN NOMOR 1!! Karena darinya, itu yang dapat menentukan kualitas kita. UNY : Bertaqwa, Mandiri, Cendekia! Ayo wujudkan sekarang juga, 692 maba FMIPA harus berkontribusi di dalamnya. Jadi pemuda itu harus punya prinsip, harus punya idealisme. Dan sebaik-baik teladan bagi kita adalah beliau Nabi Muhammad SAW. Uswatun hasanah terbaik sepanjang masa… HIDUP MAHASISWA!!! Hakikat masa, ada sebuah waktu kosong. Dan waktu kosong itu yang menentukan adalah kita. Akankah diisi dengan kebaikan, atau keburukan? And the choices are ours! :D

***

                SubhanAllah… sesi pembicara pun diakhiri dengan hamdallah. Super sekali, dahsyat luar biasa. Sepertinya ada yang meletup-letup, hehe.. maba mipa.. LUARR BIASA! :D

                Acara selanjutnya adalah pengenalan SDP. Apa itu SDP?? SDP itu adalah Student Development Program, dan tiap maba UNY harus memilih salah satu diantara empat SDP yang ditawarkan untuk memaksimalkan potensinya. Apa saja itu? Let’s cekidot :D (nggaya banget saya ini :D )

                Yang pertama adalah SDP Leadership, dibawakan oleh 4 mbak2 yang cantik2 dan kak Avi. Tapi saya lupa nama mbaknya (maaf ya mbak ^^) intinya, di SDP leadership inilah, kita akan digodhog (baca: dipersiapkan) untuk menjadi pemimpin bangsa ini. Bisa aktif juga di organisasi internal maupun eksternal kampus. Contohnya di Hima masing masing jurusan, di BEM Fakultas, BEM Rema, UKMF, UKM universitas, dan lain sebagainya. Memang sebuah keharusan, bahwa tiap manusia itu adalah khalifah fil ard. Kita ini semuanya pemimpin, minimal untuk diri sendiri. Alangkah lebih baik lagi jika kepemimpinan itu dilatih untuk kebaikan dan nantinya dapat memimpin bangsa. Hayo Bro/Sist (#haduh, ketularan siapa lagi ini? ^^V), bangsa ini butuh pemimpin yang hebat! SDP Leadership…. (hayo, yang ikutan SDP Leadership jawab jargonnya :D )

                Yang kedua adalah SDP Jurnalistik. Jreeng jreeng.. ada mbak Imaroh Syahida, koordiantor sie acara OSPEK FMIPA 2011 yang membawakannya. Mbak Imaroh inilah yang sering banget dihubungi dan direpoti oleh maba-maba seperti kami, untuk bertanya seluk beluk ospek, hihi.. maaf ya mbak, kami para maba yang merepotkan ^^V (tapi semoga kelak akan jadi maba yang membanggakan, aamiin :D) . dengan semangat jurnalistiknya, mbak Imaroh meneriakkan kata-kata yang subhanAllah puitis sekali. kami para maba sampe nggak berkedip, nggak bernapas saking terpananya. Hehe… :D  jika kau ditanya apa itu semangat, maka jawabnya: BARA SEMANGAT ITU ADA DALAM DADAKU (sambil tangan mengepal di dada) Byuuh.. keren banget! d^^b Di SDP Jurnalistik, kita bakalan dilatih untuk jadi jurnalis yang baik, sehingga karya kita bermanfaat buat banyak orang, baik di kancah lokal, nasional, maupun internasional.. mau mau mau?? :D SDP Jurnalistik.. EVERYONE CAN BE A JOURNALIST :D

                Selanjutnya adalah SDP Penelitian, kakak MOT memberikan guyonan, hayoo.. siapa yang mukanya mirip bakteri dan suka temenan sama amoeba?? Hehe… ya nggaklah, di SDP Penelitian ini, datanglah mbak2 dan seorang mas, dengan begitu semangatnya menjelaskan apa itu SDP Penelitian. Prestasinya? Jangan tanya. Piala yang gede itu jadi saksinya. Jadi, bagi yang suka meneliti sesuatu, fokus terhadap suatu objek, jangan ragu lagi, masuk SDP Penelitian!! :D SDP Penelitiaan.. (Hayo jawab jargonnya yang ikut SDP Penelitian ^^)

                Next, adalah SDP Enterpreneur atau wirausaha, ckckck.. yang presentasi adalah kakak MOT nya sendiri, yaitu kak Pras. Dengan semangat wirausahanya, kakak yang satu ini teriak-teriak (^^V) menyuarakan apa itu SDP entrepreneur. Buat temen2 yang kreatif, hobi menjual-jual (sandal bapak jangan dijual ya :D), bisnis, dan muka2 pengusaha, segera ajaa gabung SDP entrepreneur. Kuliah nggak Cuma ngeluarin uang, tapi bisa menghasilkan uang!! Sehingga suatu hari kita bisa bilang : mama, nggak usah kasih aku uang kuliah sama uang saku, aku udah punya sendiri!! :D Cieeh..keren banget kan?? :D dan yang paling lucu adalah jargonnya, hihi.. janji jangan ketawa ya, inget lho jangan ketawa! :D SDP entrepreneur… DUITTT!!!(sambil tangannya dikibas-kibasin kaya lagi pegang duit) Hahahaha :D

                Sedetik setelah display SDP yang luar biasa itu, aku jadi galau. (halaah, galau lagi galau lagi :D) galau soalnya bingung mau milih SDP apa, pasalnya Cuma boleh 1. Kalo boleh milih nih yaa.. pengen ikut empat empatnya, hehehe :D

***

                Nah.. jreng jreeeng… saatnya nyanyi2. Kita kan mau ke GOR UNY tanggal 2, dan harus punya yeal penyemangat dan tanda persahabatan buat fakultas lain. Ada FISE, FBS, FIP, FT, dan FIK. Hayoo, Mipa nggak boleh kalah, walau jumlah putra:putrinya = 1:3, kagaak masalah :D

Lalu datanglah kakak-kakak Korlap untuk ospek ini, ada kak Tito, kak Ikrom, dan kak Jarot. Kak Tito sama kak Ikrom naek meja, dadah-dadah (melambai-lambaikan tangannya,^^) memberikan kode untuk masing-masing lagu dan yeal yang akan kita suarakan bersama di GOR nanti. Udah tau lagu-lagunya belum?? Flash back yuuk.. :D

Lagu Univ 1
(nadanya pake lagu ampar-ampar pisang)

Universitas Negeri Yogyakarta
Ada di Jogja, memang istimewa
Enam fakultas pasti istimewa
Visi bertaqwa, mandiri, cendekia
Akan menjadi pribadi diri kami
Tetap menjadi semangat hidup kami

Di mana kampus kuning?? FIK JAYA JAYA!!!
Di mana kampus orange? FT... BISA!!!
Di mana kampus merah? KAMPUS FISE PUNYA… DAHSYAT!!!
Di mana kampus biru? MIPA MIPA MIPA!!!
Di mana kampus ungu? FBS BERKARYA!!!
Di mana kapus hijau? FIP ORANGNYA!!!
Di mana kampus kita? UNY tempatnya..
Di mana kampus kita?? U… N…Y… tempatnya!!!!
Wuih semangat banget khan?? :D ada lagi ni,
Lagu univ 2
(nada lagunya coklat- bendera)

Biar saja kita berbeda fakultasnya,
Kita masih tetap bisa untuk bersama
Bertaqwa, mandiri, cendekia visi kita
UNY jaya tuk selama-lamanya
FMIPA, FBS, FIP, FT, dan FISE, dan juga FIK
Jadilah andalan
Generasi harapan bangsa….
UNY kampus kita yang tercinta!
Beragam bakat yang ada, tul ukir berjuta karya,
UNY kampus kita yang tercinta, bakti untuk Indonesia..
Bakti untuk Indonesia…
 Nah, itu tadi 2 lagu universitas, jadi tiap fakultas juga bisa nyanyiin ntu lagu. Nah, sekarang kita beranjak ke yeal-yeal internalnya Mipa ya :D siap siap.. satu dua tiga..
OSPEK MIPA (nadanya cublak-cublak suweng :P, pake gerakan tangannya yaaa.. :D)
Ospek ospek Mipa
Mipa Luar Biasa
Apalagi Mabanya
Juga Panitianya
Ei..ei.. ospek FMIPA
Ei..ei.. luar biasa..
#lalu ditambahin lagi :D
Keren keren Mipa
Yang keren emang Mipa
Mipa itu emang keren
Yang keren itu Mipa
Ei ei.. Mipa emang keren
Ei.. ei.. itu emang!
#hahaha, lucu banget! :D

Ada lagi nih, yealnya..
We are the one one
We are the best best
We are the mipa mipa aha mipa
OSPEK FMIPA… LUARR BIASA!! :D
(lagu yang ini jadi lucu banget kalo Budi yang nyanyiin, hehe.. piss Bud ^^V)
Ada lagi, pakai lagunya Ebiet biet A
Maba maba sudah tiba..
Hei..untuk FMIPA
Maba-maba sudah datang
Tuk Indonesia
Di bulan yang suci ini, tenangkan hati
Berkumpul bersama-sama, keluarga FMIPA

Ada lagi, nadanya nada iklan :D

Puasa puasa, kita sedang puasa
Puasa puasa, mipa sedang puasa

Di sini damai, di sana damai
Di mana mana semua damai
Di sini damai, di mana damai
Di mana-mana semua damai
Lalalalalalalalalalalalalalalalalalala 2X
Damai Mipa.. untuk semua :D

Ada lagi tepuk tepuknya
1.       TEPUK FMIPA.. prok3x F prok3x Mi prok3x Pa.. MIPA MIPA MIPA LUARR BIASA!! (kenapa kalo nulis R dobel mulu ya :D)
2.       TEPUK PISS (pake tangan peace ^^V)… prok3x Piss prok3x Piss prok3x Piss piss piss
3.       TEPUK SEMANGAT.. prok3x HUH prok3x HUH  prok3x HUUUYEAAAH!! (Pake tangan kalo mau menyelam :D)

Howaaa… mantap bener.. eh ya, kalo tangannya kak korlap udah menyilang kayak gini….X… (ini nantinya juga beken di kalangan maba ^^V) itu tandanya maba kudu diem, mak clep gitu, hehe..

        Naah, setelap mantep tepuk-tepuknya, kita anabol kumpul lagi buat mbahas the next project. Haiaah :D sebelumnya, kak Fery memberikan form SDP yang harus kita ikutin. Setelah menimbang satu dan seterusnya, memikirkan satu dan seterusnya, yang diiringi galau yang melanda (halaah lebay-nya kumat :D) akhirnya, bismillah.. aku milih jurnalistik! :D hmm.. aku pingin jadi penulis yang mencerahkan. Aamiin :D oh iya, temen temen anabol lainnya, Jurnalistik : Aku, Tifa, sama Aji. Leadership: Rima dan Yuli. SDP entrepreneur : Ilya, Noer, Dhani, Anggra, . SDP Penelitian: Humam, budi, Aden, Yudha, Lina, Putri, Arista, fitri, Dina, Rini. Wih, banyaknya yang penelitian :D (koreksinya ya teman2, kalo salah, lupa2 ingat nih ^^V)
        Nahh, setelah itu penutupan. Alhamdulillahirabbilalamiin.. pulang, untuk mempersiapkan esok hari : BULAN RAMADHAN!!! Oh iya, kakak-kakak panitia juga mengingatkan, jangan sampai euphoria OSPEK mengalahkan sensasi Ramadhan, justru sebaliknya, makin menguatkan kita di bulan yang suci ini. Sip kak, insya Allah :D

Sampai jumpa di cerita ospek berikutnya yaaa!!! :D
Ini cerita ospekku, apa cerita ospekmu? ^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Bismillah..
Sahabat, mohon komentarnya ya..
-demi perbaikan ke depan-