Planning Liburan *_*


Bismillahirrahmanirrahiim…

            Sebentar lagi liburan. Ah, sesuatu yang sungguh sangat menyenangkan untuk anak rantauan semacam aku. Rumah. Bangunan penuh kehangatan yang siap menyediakan beribu cinta. Full fasilitas. Mulai dari TV sampai kamar mandi yang nggak perlu antri. Dan yang paling penting : cinta. Cinta yang ditebar oleh keluarga. Ibu, Bapak, Simbah, Adek, Kakak, dan para tetangga. Aah.. terlalu indah.

            Liburan. Kabarnya akan libur selama sebulan lamanya. Sebulan? Waktu yang cukup lama atau singkat ya? Hmm.. terakhir liburan sebulan penuh adalah saat aku duduk di kelas satu SD. Kala itu puasa ramadhan, dan dari pemerintah menetapkan peraturan untuk liburan sebulan. Sungguh, benar-benar sebulan. Bahkan lebih. Itu dulu, waktu aku duduk dan tertawa lebar di kelas satu SD. Saat itu, libur dan masuk sekolah terasa sama saja. Sama-sama main-main. Sama-sama tidak ada beban. Sama-sama tetep main kejar-kejaran dengan teman-teman. Nyaris tak ada bedanya. Bedanya adalah, tak perlu mandi pagi-pagi lebih awal dari biasanya. Beranjak SMP, liburan semester satu adalah satu minggu dan liburan semester dua adalah dua minggu. Angka yang lucu buatku, karena jumlah minggu liburan menentukan angka semesternya. Hehe. Beranjak SMA, ada peningkatan. Bersyukur deh, sekolah di provinsi lain, karena liburannya juga lebih lama. Semester satu dua minggu dan untuk semester dua adalah tiga minggu lamanya. Namun, liburan terasa lebih bermakna. Karena benar-benar libur dari tugas sekolah, walaupun itu semua menyenangkan. Walaupun terkadang harus masuk sekolah pas liburan, -konsekuensi mengukuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Dan itu dijalani dengan senang hati. yang penting ada libur. Tidur memeluk guling dengan pulasnya ditemani Ibu tercinta. Aah.. senangnyaaa..

            Sekarang. Tak terasa sudah jadi anak kuliahan. Mahasiswa. Hidup mahasiswa! Kemarin habis ospek, dan tak terasa ini sudah di penghujung semester satu. Habis UAS, dan akan liburan. Yippy.. liburan..
Tadi pagi aku dapat sms dari seorang kawan di kelas.

UPDATE INFO FMIPA
#Pembayaran SPP: 30 Jan-10 Feb 2012 (di BNI Sub, BTN Swa/Int)
#KRS 6-10 Feb 2012
#Aktif Kuliah 13 Feb 2012

Dan sekarang tanggal 12 Feb, kurang UAS satu mata kuliah lagi. Semangat! ^^
            Sebentar lagi liburan. Nah, ini yang ingin aku tekankan. Karena sekarang sudah mahasiswa, liburannya harus bermakna. Boleh, sih tiduran seharian di rumah, untuk melepas penat barang sehari-dua hari. Tapi jangan sampai setiap hari. Jangan lewatkan kesempatan emas nan langka selama di rumah. Kembangkan potensi, makin kenali diri. Eratkan persaudaraan dengan keluarga, tunujukkan bakti pada orangtua. Ya, saatnya berkarya. Bukan untuk bermalas-malasan saja lho yaa.. *menegur diri sendiri.
Karena itu, perlu adanya resolusi liburan. Nggak hanya tahun baru yang perlu resolusi, liburan pun begitu. Liburan itu bisa jadi sarana untuk menjadi kepompong, sejenak menghilang dari kerumunan manusia, untuk bertafakkur, lebih mengenali diri dan mengisi bekal :D

Bismillah, resolusi liburan pertamaku di semester satu:

1.      Lebih Banyak Membaca Buku, targetnya menyelesaikan Sirah Nabawiyah. Alhamdulillah jika ditambah buku-buku lainnya.

2.      Lebih mengenal Al-Qur’an, cahaya di atas cahaya, petunjuk dan surat cinta dari Sang Maha Cinta. Karena aku merasa bacaanku belum bener, maka insya Allah aku akan belajar untuk baca Al-Qur’an dengan tartil. Mesiu yang disiapkan: CD Tartil dan buku panduan tajwid. Dan yang nggak kalah penting: kemauan dan kesungguhan. Bismillah! :D

3.      Lebih aktif nulis. Minimal sehari sekali lah, satu lembar minimal. Aku yakin ada banyak hal yang sebenarnya ingin ditulis, namun kadang kesibukan (atau didominasi kemalasan?) membuat kita enggan untuk melakukannya. Entah itu nulis di Fb, blog, atau konsumsi pribadi. Yang penting nulis :D

4.      Latihan corel draw. Ini impianku. Bisa ndesain yang bagus-bagus itu. Mesiunya adalah panduan corel draw X4 dan laptop kakak (laptopku ndak bisa diinstalin-entah kenapa)

5.      Membersihkan laptop tersayang, kasihan. Sudah banyak kudzolimi. Tanpa perawatan. Akan segera kubersihkan dan kutata. Internal maupun eksternalnya 

6.      Makin menguatkan (atau latihan) hafalan naik sepeda motor. Howaa.. :D

7.      Hafalannnya ditambah ya, target sebulan hafal An-Naziat sama Abasa ya. Syukur di tambah Al Muzzamil (PR loh!)

8.      Paling penting-à tingkatkan ruhiyah dan bakti sama orang tua. Di rumah yang nyaman, tapi harus tetep bisa bangun pagi kalau di tanah orang. Pliis.. :D membiasakan diri bangun jam tiga untuk fokus mendekatkan diri padaNya dan meningkatkan ruhiyah kita. Cuma bentar kok, masa iya kita nggak mau melakukan hal yang sangat penting ini. Lagi-lagi musuh terbesar dalam kehidupan adalah hawa nafsu kita sendiri. Ya Allah, teguhkan kami. Janganlah Kau condongkan kami pada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami. Aamiin.

9.      Tunjukkan baktimu pada orang tua, bakti sebagai seorang anak yang dipandang udah gede karena udah mahasiswa. Jangan sampai didepan keluarga kita, kita mlah asyik dengan HP di tangan. Luangkan lebih banyak waktu untuk ngobrol dengan mereka. Ingat, ini even langka. Jangan disia-siakan!

1
12.  Perlu jadwal ya.. aku bikin table deh :D

Waktu
Aktivitas
Warning :D

03.00-04.00
Qiyamul Lail- Baca Al Qur’an- Hafalan
Hayo, bangun. Asal ada kemauan, yakin pasti bisa. Niatkan sebelum tidur. Niat untuk mendekatkan diri padaNya dan mendapat ridhaNya, ingat segala sesuatu bergantung pada niatnya!

04.00-05.00
Sholat di Mushola-jalan-jalan- lanjutkan Al-Ma’tsurat/baca Qur’an
(alternatif ba’da subuh: bisa buat latihan motor, tapi harus baca Al-Qur’an minimal 3 lembar yap :D, insya Allah seminggu latian, niat, tekad, nekat :D langsung lancar. aamiin)

05.00-06.00
Beraksii.. Nyuci baju.
Wanti-wanti: Jangan sampai keduluan sama bapak, kalaupun  keduluan, tetep bantu. Itung-itung sambil ngobrol sama Bapak :D)

06.00-07.00
Nyapuu.. :D (halaman oke, rumah juga oke)
Yap-yap, selama liburan. Jangan sampai menunjukkan sikap males-malesan di depan Ibu-Bapak hehe.. di kampus aktif, rumah juga dong..

07.00-09.00
Tafadhol :D
Tafadhol, mau sarapan dulu, mandi dulu, ngebantuin simbah masak, dan lain-lain :D

09.00-10.00
Sholat Dhuha+hafalan sebentar
Demi Matahari. Dan sinarnya di pagi hari :D ba’da dhuha juga bisa ngelakuin aktivitas, kayak nulis/baca/mbersihin laptop

10.00-12.00
Tafadhol
Fleksibel. Bisa diisi dengan target2 :D
12.00-13.00
Sholat Dhuhur
Jamaah.. ooh,. Jamaah :D
13.00-15.00
Sarana mendekatkan diri dengan keluarga
Nyetrika, nonton TV bareng, bobo siang, baca buku :D
15.00-16.00
Ashar
Jamaah.. oh Jamaah :D
16.00-17.00
Tafadhol :D
Fleksibel. Bisa buat olahraga, ndeketin adek, bantuin Ibu bersihin bunga, atoo.. bantuin simbah bikin camilan  sore :D ingat, jam 5 harus sudah cantik (mandi). Jangan sampai simbah teriak-teriak. Udah mahasiswa lho ya
17.00-18.00
Lihat berita-persiapan sholat maghrib- al ma’tsurat
Usahakan standby di ruang keluarga
18.00-19.30
Sholat maghrib-sholat isya
Di mushola. Sela-selanya bisa buat makan malam atau baca Qur’an atau targetan
19.30-21.00
Family :*
Saatnya untuk terjun bersama kehangatan keluarga.. J
21.00-23.00
pribadi
Di kamar-- Nah, bisa buat upgrade yang keren nih, atau mau belajar bareng adek, ex: tajwid. :D sebelum bobo: baca buku yah.. ;)
23.00
bobo
Harus sudah bobo ya, bobo awal buat bangun awal (kecuali diajak liat pilem, wkwkwk. Tapi jangan sering-sering loh)
03.00
Selamat pagi dunia
Sambut pagi dengan bismillah dan senyuman optimis penuh keikhlasan J






Segitu dulu ya. Bismillah. Semoga terlaksana. Ayo rencanakan liburan kita!

12/01/12 (tanggal yang cantik)
Selesai 08.22
@markas Inspirasi,
204-karangmalang B3

Komentar