OSPEK CERIA #1 : Halooo UNY, Haiii FMIPA :D



Tiga hari terakhir..
Ku coba putuskan semuanya
Maaf, ku harus pergi
Karena ku yakin ini takdirku
Kesempatan hanya sekali, ku raih apa yang terbaik, untukku
Pergi... ku pergi…
Meninggalkan untuk masa depan nanti
Dan entah berapa lama ku bertahan di sana nanti
Aku pergi…
Berat yang ku rasakan
Meninggalkan semua di sini
Namun ku harus pergi
Demi mimpi-mimpiku selama ini
Kesempatan hanya sekali
Ku raih apa yang terbaik, untukku..
Pergi.. ku pergi..
Meninggalkan untuk masa depan nanti
Dan entah berapa lama ku bertahan di sana.. nanti
Aku Pergi…
(Aku Pergi- Edcoustic)


Haduh, kok jadi lebay gini ya? Hehe.. padahal Cuma ke Jogja aja ^^ Cuma 3-4 jam perjalanan dari desaku yang permai. Tapi, bismillah… harus mantap, harus yakin.. bismillah.. insya Allah ada sesuatu yang indah yang telah Allah siapkan untukku di sana! Ya! Aku Yakin! Aku langsung packing2 barang bawaan, dan memantapkan diri lagi. Hwaaah.. aku siap, aku siap #dengan gaya sponge bob !! :D

Tanggal 24 Juli 2011… awal sejarah, lho? :D aku diantar orang serumah buat pindahan ke jogja! Untuk meneruskan visi misiku kuliah di sana. Ya. Kampus Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta, aku dataaang!! Alhamdulillah, kebetulan (atau memang sudah diatur oleh-Nya?) aku punya seorang kakak yang juga kuliah di UNY, jadi untuk masalah kos-kosan, aku nggak perlu cenat cenut lagi. Kakakku dengan baik hatinya bersedia pindah ke kamar yang muat untuk dua orang ^^V jadi, tinggal angkut barang-barangku ke sana aja. Pengalaman ngekos pertama dengan kakak sendiri, gimana yaa rasanya? Pas SMA, kita beda sekolah, jadi aku ngekos sendiri. Dan aku sudah merasakan bagaimana rasanya ngekos tanpa ada sodara sedarah barang sebiji pun, hehe.. bismillah.. semoga menjadi awal yang baik.. Allah pasti punya rencana, dan rencanaNya itu pasti indah ^^

***

Oh iya, sampai belum cerita ^^V Alhamdulillah, aku diterima lewat SNMPTN Tulis, aku diterima di Universitas Negeri Yogyakarta, fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) program studi Pendidikan Fisika. Walaupun pilihan ke-dua, tapi aku akan memantapkannya jadi pilihan pertama mulai detik ini. Bismillah.. :D #aku tetep jadi dokter kok, dokter fisika ^^V insya Allah..

Nah, di UNY ini ospeknya terbilang paling awal dibandingkan universitas-universitas yang lain, tanggal 2 Agustus sudah dimulai, yang juga bertepatan dengan bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan kali ini so special euy, ^^ ini sama dengan 66 tahun yang lalu, di mana proklamasi dikumandangkan tanggal 17 Agustus yang juga bertepatan dengan 17 Ramadhan. So sweet banget kan?? Bismillah, insya Allah berkah :D dan aku sangat bersyukur sekali dengan diadakannya ospek di awal ini, pasalnya aku sudah terlalu lama jadi kepompong sejak ujian nasional berakhir. Di rumah terus, kegiatannya minim sekali. Dan aku merasakan kehampaan yang teramat sangat, #halah, mulai lagi ^^V nah, kepompong, sekarang kau ada kegiatan lagi.. ayo kepakkan sayap dan jadi kupu-kupu yang indah. Hehe..

Menurut info yang aku dapat pas registrasi tanggal 5 Juli kemarin, semua maba (mahasiswa baru) dari fakultas MIPA wajib membuka web nya ospek fmipa dan nge-add Fbnya juga. Nah, dari sana aku dapat info kalau TM (technical meeting) untuk ospek FMIPA akan diadakan tanggal 25 Juli. Ada juga grup Fb-nya maba UNY 2011 , KCM atau Kamilah Cendekiawan Muda UNY 2011 yang tak pernah sepi dengan obrolan para maba membahas berbagai hal terutama berkenaan dengan ospek. Sangat menbantu ^^. Karena itu, aku sudah di jogja tanggal 24 Juli, bersama kakak tercinta tentunya ^^

***


Jreeng Jreeng… tanggal 25 Juli 2011. TM OSPEK FMIPA yang perdana. Aku berangkat menuju fakultas yang berhadapan langsung dengan Masjid Al Mujahidin, masjid kampusnya UNY (belakangan aku baru tahu kalau nama keren bin bekennya adalah Masmuja :D) dan makam Karangmalang. Aku berangkat bersama Hefi, temanku sekos tapi prodinya Biologi. Sampai di sana sudah tampak banyak maba-maba dengan wajah tak berdosa. Aih, banyaknya ^^ dan semuanya sedang antri untuk registrasi di prodinya masing-masing. Wah, aku melihat wajah-wajah yang hebat, wajah-wajah penuh semangat, jadi tambah semangat nih ^^ aku lalu mencari-cari mbak-mbak yang pegang bedeng (baca: papan) bertuliskan Fisika. Nah, ketemu. Itu dia. Langsung saja aku antri dan tanda tangan… mencari-cari namaku (karena belum hafal NIM) dan ketemu! Dengan petunjuk mbak-mbaknya yang baik hati itu (mbak-mbak KSK #KSK = Kesekretariatan), aku mencari-cari lagi kakak tingkat yang memakai jas biru (almamater UNY) yang membawa bedeng FISIKA. Ternyata, setelah registrasi, kita para maba dikumpulkan berdasarkan prodinya. Pendidikan dan non kependidikan dicampur, namun tetap se jurusan. Jadi ada 5 kelompok saat itu,: Fisika, Kimia, Matematika, Biologi, dan pendidikan IPA. Hoho, langsung saja berkumpul dengan teman-teman sejurusan. Alhamdulillah orangnya ramah-ramah dan insya Allah baik-baik semua. Langsung deh, kita kenalan dan tukeran nomor handphone. ^^

Acara di mulai, kakak tingkat yang di depan memanggilkan kakak-kakak MOT untuk membawakan acara yang sesungguhnya. Ealah, tak kirain kakak yang di depan tadi itu pembawa acara, ternyata bukan, dan datanglah Master of Acara yang sesungguhnya, datanglah Kak Jarot dan Kak Pras dengan duet yang apik. Aku kaget sekali pas pertama, suaranya begitu luar biasa dan bersahut-sahutan, serasa nonton Bola, hehe.. tapi subhanAllah sekali, acara jadi lebih bersemangat dengan hadirnya kakak-kakak pembawa acara yang dahsyat dan bersemangat itu. Penghangatan dan pengakraban peserta di mulai, dengan menyapa para maba, hayoo mana biologi.. matematika, fisika.. kimia.. pendidikan ipa.. dan kamipun diajari tepuk-tepuk untuk menghancurkan batu es di hati kami yang masih malu-malu ini. Jadilah kita di sini untuk bersenang-senang (dengan gaya tangan meliuk-liuk ^^) wow, super sekali!! d^^b

Setelah dibuka dengan basmallah, acara ke dua adalah pembacaan ayat suci Al-Qur’an.. subhanAllah… bagus sekali.. insya Allah TM ini berkah dan diberkahi. Setelah itu, ada sambutan-sambutan. Wah, agak lupa urutan sambutannya. Kalo ndak salah, sambutan yang pertama itu dibawakan oleh kak Avi, sebagai korFak (Koordinator Fakultas)-nya ospek FMIPA. Beliau mengawali pidato super semangatnya dengan teriakan HIDUP MAHASISWA. Kami yang para maba tanpa dosa ini tentu kaget sekali, ada too.. teriakan seperti itu. Di dalam sambutannya, kak Avi berbicara tentang Skenario terbaik (yang belakangan jadi beken di kalangan maba ^^) yang diberikan Allah dalam hidup kita. Jadi, kita di sini itu bukannya cuma kebetulan, namun sudah diatur sedemikian rapinya sama Allah. Tinggal kita sebagai manusia, yang harus melakukan ikhtiar terbaik untuk menyambut skenario terbaik itu. Dan akan ada tiap masanya, para pemuda menghadapi momentum kepahlawannya, yang jadi titik tolak perubahan dirinya dan bangsanya.

Lalu sambutan dilanjutkan oleh kak Hasto sebagai ketua BEM-nya FMIPA (BEM= Badan Eksekutif Mahasiswa, kalau di SMP n SMA itu sama dengan OSIS) yang juga meneriakkan pidatonya yang tak kalah dahsyat. Beliau sepertinya tahu, kami para maba masih malu-malu dan agak enggan ketika disuruh menyambut teriakan HIDUP MAHASISWA sembari mengepalkan tangan ke depan 45 derajat. Kak Hasto juga menceritakan bahwa beliau dulu pas jadi maba juga malu-malu kalau disuruh menyambut teriakan itu. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, ceilah.. dengan menyadari eksistensi diri sebagai mahasiswa, bukan siswa lagi, maka dengan semangat menyambut teriakan itu, teriakan kebangkitan, teriakan pergerakan, sebagai seorang mahasiswa yang kontribusinya dinanti-nati oleh bangsa. Yeah, HIDUP MAHASISWA!!! HIDUP MAHASISWA NDONESIA!! (jawab yaa :D) Kak Hasto juga menjelaskan tentang peran pemuda yang kehadirannya senantiasa dinanti-nanti oleh ummat di seluruh dunia. Hei, Pemuda! Di tangan kitalah bangsa ini akan Berjaya!! :D

Sambutan dilanjutkan oleh perwakilan dari tim Advokasi (aku lupa namanya) yang menyatakan bahwa kalau ada apa-apa dalam pelaksanaan ospek ini, kami tinggal lapor sama tim advokasinya, insya Allah kakak-kakak dari tim Advokasi akan membantu kami dan menegakkan hukum seadil-adilnya.. lalu ada sambutan dari siapa ya.. bapak PD III kalau nggak salah, (tapi feelingku kayaknya salah, mohon koreksinya ^^) intinya, mengucapkan selamat datang maba FMIPA, kami tunggu kontribusi anda. Siap Pak!! ^^

***

Setelah sambutan-sambutan, kakak-kakak MOT kembali mencairkan suasana, dengan berlatih beberapa lagu Ospek dan yeal-yealnya. Ada 1 lembar HVS yeal-yeal yang lucu dan imut (menurutku, hehe..) setelah itu, dipanggillah kakak-kakak pemandu dengan senyum lebarnya yang membawa papan nama, namanya lucu-lucu.. pakai istilah-istilah ilmiah di dunia MIPA. Ada amfoter, anabolisme, vector, matriks, glikolisis, differensial, zygot, dan nama-nama imut lainnya :D . Lalu Kami diminta untuk menyebar ke pohon-pohon di sekitar dekanat utama untuk melihat, kami nanti masuk kelompok apa ya.. ^^ saking banyak pohon, aku bingung. Feeling mengatakan ke pojok, lalu aku ke pojok. Haduuh, desak-desakkan sama maba lain. Hmm.. ngalah dulu deh, nunggu suasana kondusif. Eeh, MOT nya bilang tinggal 2 menit, yaah.. langsung ngeloyor ke pohon lain, daaan… Alhamdulillah ku temukan namaku di sana… Pendidikan Fisika… Rizki Ageng Mardikawati…. Anabolisme! Yak dapat! Anabolisme! Hihi,, wah ini mah istilah di Biologi, seketika aku teringat pak guru Biologiku di SMA yang subhanAllah lucu sekali tapi dahsyat, Pak Lisosom ^^V

Setelah mengantongi nama kelompok, kami mencari-cari kakak pemandu yang bawa papan nama sesuai dengan yang kami dapat. Hyak, dapat! ANABOLISME! Aku langsung ikutan baris di depan kakak itu. Ternyata sudah banyak yang di situ, sekitar 10-12 an anak, lalu berkenalan ^^ yang pertama kali berkenalan, namanya Rima dan Rini, aduduh,, 3R.. kita langsung guyon. ^^ kita disuruh berbalik.. dan jreeeng… kakak pemandunya ganti! Ternyata yang tadi cuma boongan, dan inilah pemandu kami yang sebenarnya. Ada sekitar 34an kelompok, dan setelah semua menemukan kelompok masing-masing, kami dipisah berdasarkan kelompoknya.. dan anabolisme pun begitu. Kami cari-cari tempat duduk yang teduh, dan dapaat! Lalu duduk deh (baca: ngeprok) ^^

***

Kakak pemandu senyam senyum melihat wajah kami, para maba tak berdosa (padahal banyak banget lho dosa-nya, hehe ^^ astaghfirullah) kami pun juga masih senyam senyum gaje (ga jelas) pasalnya belum kenal. Yoo.. tidak kenal maka ta’aruf, kenalan gitu.. perkenalan dipimpin sama kakak pemandu. Hayuk, sebutkan nama, asal, program studi dan nomer hape. Yang pertama, tentu aja sang kakak pemandu. Kak Fery Subakti, kami manggilnya kak Fery, dari Kulon Progo, prodinya Pendidikan Biologi’09. Lalu para anggota mulai berkenalan satu persatu. Ada Humam Rosyidi/ Humam (Matematika) dari Brebes, lalu Aden Setia Hadi/ Aden (Pendidikan Fisika) dari Klaten, Budianto/ Budi (Fisika) dari Sukabumi, Rima Noviliani/ Rima (Pendidikan Matematika) dari Ciamis, lalu Rini Sulistyowati/ Rini (Pendidikan Kimia) dari Gunung Kidul, Ilya Rosida/ Ilya (Pendidikan IPA) dari Wonosari, Arista Sundari/ Arista (Kimia) dari Purwokerto, Noer Hidayati/ Noer (Matematika) dari Wonogiri, Inawati Mulyani/ Ina (pendidikan Biologi)dari Purworejo, Yuliani/Yuli (Fisika) dari Ponorogo, Ramadhani Nur Fajrin/ Dhani (Pendidikan Matematika) dari Bantul, jogja asli, lalu terakhir aku sendiri Rizki Ageng Mardikawati/Rizki (Pendidikan Fisika) dari kota, eh kabupaten 1001 Goa, Pacitan :D awalnya, kami berjumlah 12.. namun seiring berjalannya waktu, kami nambah lagi sodaranya, alhamdulillah.. banyak sodara banyak rejeki ^^ tapi sehari dua hari tiga hari berikutnya (maksudnya bertahap, gitu ^^) tahap satu, kami dapat sodara baru, ada Putri Karunia/ Putri (Pendidikan IPA) dari Muntilan dan Diani Anggraputri/ Anggra (Kimia) dari Kotagede, Bantul, jogja asli. Lalu, ada Arlina/Lina (Biologi) dari Demak. Keesokannya lagi, hore.. anggota baru lagi. Ada Tifa Pascariyanti Sujarwanta/ Tifa (Pendidikan Kimia Internasional) dari Jakarta, dan Rizky Aji Saputra/ Aji (Fisika) dari Kalimantan Barat. Esoknya, pas TM ke-2, Alhamdulillah nambah lagi ^^ ada Arundina Rukmana/ Dina (Pendidikan fisika Internasional) dari Klaten dan Fitri (nama lengkapmu siapa, Fit? ^^) (Biologi) dari Probolinggo. Dan menjelang sehari sebelum ospek, ada anggota baru lagi, ada Yudha Sebastian K/Yudha (Pendidikan Biologi) dari Pati. Jadi, kalau ditotal, Anabolisme jumlahnya 20 :D hwaa.. senangnya ^^

***

Kami yang awalnya malu-malu, ternyata Alhamdulillah kompak sekali. saya senang bisa bertemu kalian, teman-teman ^^ jadilah kita sehabis TM 1 sering ke deksel FMIPA untuk mempersiapkan penugasan-penugasan yang diberikan kakak tingkat! Oyee… bersama kita bisa! :D mulai dari bikin co-card, bikin toga, milin-milin, dan jajan bersamaa.. hahaha :D dibimbing sama kak Fery tentunya, dan dipimpin Humam sebagai sang Ketua! Hayo Anabol, semangat!! :D
Oh iya, kami juga punya yeal-yeal lho. Nadanya pake lingkaran kecil – lingkaran besar ya.. :D

ANABOLISME
By : Rima Noviliani
Anabolisme…Anabolisme.. itulah kami
Bersama Kak Fery, pemandu kami.. di ospek ini
Anabolisme… Anabolisme.. itulah kami
Yang paling cerdik, keren, dan asyik… Rajin Ibadah! :D
Mipa... Mipa... kami mabanya Mipa
Yang sangat kompak dan bersemangat, LUAR BIASA!!
Anabolisme : cerdik, Asyik, Semangat, LUARR BIASA!!!
(sebenernya mau ditambahin ALLAHU AKBAR, hehe ^^V)

Ini baru TM pertama, tunggu kisah selanjutnya yaaa… :D
Ini cerita ospekku, apa cerita ospekmu?? :D

Komentar

  1. bedeng tu apaan ukh? hhe ^^

    keep writing n blogging!
    ^_^

    BalasHapus
  2. bedeng itu papan ukh :D hoho.. bahasa rizki ^^

    BalasHapus
  3. ageng, tiap aku baca blog mu ini aku jadi rindu masa ospek dulu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee.. iya Ilya, anabolisme lalalala :D

      Hapus

Posting Komentar

Bismillah..
Sahabat, mohon komentarnya ya..
-demi perbaikan ke depan-