Dari SMANSARI ke UNY : Sebuah Anugerah!

Tiba-tiba pengen menulis tentang ini, lalu di share sama temen2 yang sama2 ngelanjutik ke UNY :D terinspirasi dari jalan hidup sehari-hari, juga teman2 #haiah, akhirnya jadilah tulisan ini. Silakan dinikmati… :D
^^
Berjuang bersatu padu
Membangun jiwa pancasila
Lewat satu kancah pendidikan
SMA kita nan jaya…
Kampus yang menjulang tinggi
Di tengah-tengah argawana
Mencetak tunas harapan bangsa
Demi negara tercinta….
Itulah sekolah kita
SMA 1 WONOGIRI
Tempat sumber ilmu sumber pengabdian
JAYALAH SMA KITA!!!
^^


Tak terasa, masa abu-abu putih di smansari telah 3 tahun kita jalani, dan itu artinya: saatnya kita memintal lebih dalam cita-cita kita, mau jadi apa kita nanti, akan seperti apa hidup selanjutnya yang bakal kita lewati, peran apa di masa depan yang bakal kita lakoni.

Yah, kita manusia. Manusia itu wajibnya berusaha, namun di akhirnya, tetaplah Allah yang menentukan. Dia dengan segala kuasa-Nya, Dia yang Maha Menggenggam jiwa, pasti sudah mempunyai rangkaian skenario yang indah dalam tiap episode kehidupan kita.
^^
Nah, tampaknya masa depan itu agak terlihat lebih jelas kawan! Kita sudah sampai sini, kita sudah mengikuti serangkaian tes yang mungkin melelahkan jiwa, fisik, batin kita. Namun, itulah yang memang harus kita lewati. Kita harus maju terus tanpa henti, walau berhenti tak selamanya berarti mati, namun maju akan menbuat kita lebih terpacu, membuat rangkaian demi rangkaian kehidupan yangh berarti dan begitu manis ketika kita mengingat-ingatnya nanti.

Saya mau tanya sama teman-teman, apakah sudah terpikir dari kecil akan jadi seperti ini ketika sudah besar? Apakah waktu kelas satu SD, kelas satu SMP, sampai kelas satu SMA sudah terbayang jelas dalam benak kita: nanti mau nglanjutin di universitas mana, ya? Ambil jurusan apa ya? Terus kalau udah gede pengen jadi apa? ^^ saya tebak, kebanyakan dari kita belum memikirkannya. Ya, kita dulu memang punya cita-cita, namun kita kadang masih ragu, benarkah itu yang selama ini kita impikan, apakah ini benar-benar yang aku inginkan? Dan tentunya seabrek pertanyaan-pertanyaan lain yang mengganggu kita untuk terus dijawab dengan bijaksana.

Sekarang kita sudah sampai di gerbang. Ini gerbang Kampus Pendidikan, Kampus Inspiratif. Ya, kita sekarang sudah hampir sampai, kawan. Ayo melangkah masuk ke dalamnya!!! Universitas Negeri Yogyakarta telah menunggu kiprah kita, menanti kontribusi dan peran aktif kita. Ya, kawan. Kau tahu? Kita sudah jadi MAHASISWA!!!

^^
Saya mau tanya, temen-temen jawab yang jujur ya… ^^ apakah terbayang dari dulu kalau kita bakalan masuk UNY? Beruntunglah yang sudah bisa membayangkan bahwa kita memang akan meneruskan studi di sini, dan beruntung juga yang belum membayangkannya ^^

Contohnya saya nih. Saya sama teman-teman di kelas saya dulu seriing banget diskusi masalah perguruan tinggi negeri, dan mencoba membanding-bandingkan mana yang bakalan saya masuki. Saya coba menuliskan beberapa (atau hampir semua? :p) nama perguruan tinggi yang kebanyakan negeri dan kedinasan itu ke dalam satu kertas. Dan Alhamdulillah, UNY masuk daftar itu, walaupun saat itu belum jadi prioritas saya, karena saya merasa cita-cita saya itu dokter, hehe.. jadi saya memprioritaskan perguruan tinggi yang punya fakultas kedokteran di dalamnya…

Babak baru dimulai. Babak pertama ini adalah PMDK dari UNS, saya sempet pengin ikut, tapi karena tahun ini UNS hanya membuka diploma 3 untuk PMDK (dan tentu saja tidak ada D3 untuk pendidikan dokter), maka saya memutuskan untuk tidak mengikutinya. Babak kedua, ada SNMPTN Undangan, waaw, di sini saya mempertahankan keinginan saya untuk menjadi dokter, setelah berhari hari berpikir untuk menentukan universitas mana yang akan saya pilih, diselingi sakit benerapa hari sampai harus opname #lebay ah. :D akhirnya saya memutuskan untuk memilih UGM (Pendidikan Dokter, Ilmu Hubungan Internasional, Biologi) dan UNS (Pendidikan Dokter, Pendidikan Fisika, Psikologi). Nah lho, PD banget ya saya, di saat temen-temen harap2 cemas ambil prodi, saya malah kePDan ambil yang grade nya tinggi. Dasar anak kecil, ngeyelnyaa… (saya kan pengin jadi dokter :D *kata hati kecil saya #ikutan lebay)heheheh.. ^^ dan hari itu pun tiba, pengumuman!! Jreng jreng jrenggg!! Banyak temen2 yang sms begini, “Rizki… aku belum diterima” hwaaa…. Bagaimana ya denganku? Ku beranikan diri untuk membuka dan ternyata… Taraaaa!!! Maaf, anda belum diterima. DHUAAAR!!! Kalo ada petir, pasti suaranya bakalan lebih sampai ke hati ya, haiah… Alhamdulillah nggak sampai nangis darah #kumatlebay . yah, pokoknya disyukuri aja deh. ^^ berarti ini belum rejekiku dan aku harus coba terobosan baru #haah?terobosan? :p
Babak ke tiga… jreeeng… ada SNMPTN Tulis, wuih aku yang nggak ikut bimbel blas ini lagi-lagi over PD, pengen ambil jurusan kedokteran lagi (Ya Allah, Ki Rizki, kamu kok ngeyel sih? *kata mata batin ku. Eh bentar, emang batin punya mata ya? Hehehe…) setelah mbayar ke mandiri, dengan antreannya yang SubhanAllah sekali… ^^ perjuangan! Akhirnya aku daftar online dan… taraaa… aku memilih program ipa, dengan pilihan yang cuma 2, walopun agak ketar ketir aku coba milih pilihan pertama itu UGM-Pendidikan Dokter, dan yang kedua itu UNY-Pendidikan Fisika. Prinsip yang kugunain pas itu adalah: Yang Penting Jogja, hahaahha.. nggak nyambung ya? Nyambunglah.. aku pengin sekosan sama mbakku yang juga kuliah di jogja, tepatnya di UNY juga, tapi FISE dia. ^^ itung-itung, ngirit biaya gitu… aamiin ^^ babak ke empat masih berlanjut, ada USM STIS, walopun saya kurang ** dalam matematika, saya coba ikutan, yaaah… siapa tau duren tetangga lagi baik. Lho??? Lalu saya tes di jogja. SNMPTN dulu, lalu USM STIS> dengan modal pas-pasan, tanpa les tanpa bimbel, ngeyelnya masya Allah…
Di hari-hari penantian saya agak merasa resah, dan keresahan saya terjawab dengan belum diterimanya saya di STIS.. olala, tapi saya malah bersyukur entah kenapa, sungguh aneh. ^^ yang sedih malah ibuk, maaf ya buk ^^ hari berikutnya penantian masa dimulai, kebalik! Masa penantian dimulai, saya mulai resah, antara optimis dan pesimis. Hwaaah… sangat menyiksa. :D #lebaylagi akirnya saya coba buat daftar simak UI padahal hasil SNMPTNnya belum keluar, soalnya kalau nunggu tanggal 30 udah tutup simaknya, jadilah saya daftar simak UI, kali ini ego saya agak bisa dikendalikan, terbukti dengan tidak milih pendidikan dokter lagi, heheh… saya pilih Kesehatan Masyarakat, Biologi, sama Geografi. Setelah bayar di BNI saya coba sedikit lebih focus ^^

Pengumuman SNMPTN tiba. Berbeda dengan hari-hari pengumuman lainnya, saya nggak tengok HP dulu. Saat itu saya pasrah lillahi ta’ala. Saya mau diterima di pilihan 1 atau 2, pokoknya saya mau dan saya pasrah, hehehe.. ^^ waktu menunjukkan pukul 19.15, sudah ada 8 message unread di inbox saya, dari 8 itu berubah jadi 16, lalu 32, lalu 100 #nggaknyampai ah :p dan semuanya tidak akan saya balas dulu sebelum saya liat pengumuman!! Karena saya tau itu isinya pasti temen2 yang nanyain bagaimana hasilnya. Maaf ya ^^ dianterlah saya ke warnet sama bapak. Kemudian buka webnya SNMPTN. Deg-degan., sempat bingung mana yah, yang di klik. Lalu di bawah ada tulisan merah berjalan. Hawww.. ini dia! Dan saya masukkan nomor peserta serta tanggal lahir, daaan tarrraaa!! SELAMAT! ANDA DITERIMA DI PENDIDIKAN FISIKA- UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Alhamdulilaah…. Rasanya pengen sujud syukur, tapi bilik warnetnya sempit. ^^ pengen peluk bapak tapi banyak orang, akhirnya hanya hamdallah yang terlantun dari bibir ini…

^^

Nah lo, setelah diterima di SNMPTN. Akhirnya saya ndak jadi ikut tes simak UI, padahal udah mbayar, ^^ karena berbagai pertimbangan dan ibuk bapak ridhonya aku di sini…

Tenang kok, aku tetep pengin jadi dokter! Dokter fisika ^^V
SubhanAllah… aku bersyukur bisa sekolah di sini!!
Yaah… mungkin dulu kita masih ingin ini dan itu, kuliah di universitas ini dan itu, jurusan ini dan itu,, namun percayalah kawan, jika kita mau bersyukur, niscaya Allah akan menambahkan nikmatNya pada kita! ^^ jadi, ayo bersyukur atas apa yang ada dalam diri kita ^^

Ini ceritaku, apa ceritamu? ^^

Karunia Yang Maha Kuasa…
Membimbing langkahmu…
Membangun Indonesia, Menata Dunia…
Berlandaskan pancasila, budaya mulia..
Tuk mencapai tujuan, bangsa sehat cerdas, taqwa….
Mengemban panggilan suci, dharma bhaktimu amalkan ilmu..
Universitas Negeri Yogyakarta…
Semoga tetap Berjaya…
(Hymne UNY)


Allah memang tak selalu memberikan apa yang kita inginkan, tapi Allah selalu memberikan apa yang sebenarnya kita butuhkan
! Keep moving forward!!! ^^V
:: semoga kita bisa jadi mahasiswa berprestasi, dunia-akhirat ^^ berjuang sama-sama yaaa… :D

Komentar

  1. wah makasih mbak udah bagi cerita, itung-itung buat ak bisa jadi gambaran masa berburu kuliah nanti :DD
    eh sama lo mb.. ak juga 'yg penting yogya' hehehe amin...
    tapi habis baca posting mb rizki ini kok jadi ragu ya mb ak :(

    BalasHapus
  2. sama2 sayang ^^
    Lhoo, kok ragu? kenapa ni?
    hayuk, mau lanjut ke mana nanti?
    di manapun kita kuliah, apapun prodi yang kita pilih, itu adalah pilihan kita ^^
    dan... konsekuensinya, kita harus maksimal di sana ^^
    semangat ya ^^

    BalasHapus
  3. rizki, blog-nya berat kalo diakses pake koneksiku
    ...
    tapi dari segi isi, aku gak meragukan lagi
    good job! ^^

    BalasHapus
  4. Koko: ehehe.. iya ko.. aku belom perbaikin :D *kudu belajar banyak yak, blog itu :D mohon bantuannya yaa ko :D
    makasi koko :) aku pingin bikin blog khusus materi fisika, tapi belom kesampaian :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Bismillah..
Sahabat, mohon komentarnya ya..
-demi perbaikan ke depan-