Usaha itu Perlu, Man!

Coretan Ramadhan Tahun 2010

8 Ramadhan 1431 H/ 18 Agustus 2010

Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S Ali Imran: 31)
***

Alhamdulillah, bisa bangun!! ^^. Mandi dulu, mumpung tak antri, hehe. Lalu tahajud sebentar, dan makan sahur bersama-sama dengan teman-teman se-kost. Makan sahur tuh sunah lho, berarti dianjurkan sekali.

Ada pengalaman yang cukup spektakuler tadi di sekolah. Pas jam matematika, aku maju ke depan untuk mengerjakan soal, disuruh pak Guru yang cukup ditakuti oleh siswa seantero smansa! (Ssst… Bapak Ibu Guru yang lain juga takut ndak ya??) Hussh!! Puasa-puas jangan gunjingin orang, Rizki!! Astaghfirullahaladziim….

Ceritanya begini. Aku disuruh maju ke depan mengerjakan soal. Dan aku belum bisa. Dan agak dimarahi (padahal nggak ^^). Waaah… nggak jadi cerita deh. Pokoknya, tadi itu pengalaman yang cukup menegangkan dan sekaligus menyenangkan, makasih Pak Guru, berkat kejadian itu aku jadi semangat belajar matematika!! Biar bisa, nggak sekedar bisa ngerjain soal ulangan atau soal yang diujikan di depan, tapi, benar-benar bisa! Bisa bisa bisa!!! Aku pasti bisa!! ^^


Hmmm… bicara tentang bisa atau tidak bisanya kita untuk meraih prestasi, asa dan apa-apa yang kita inginkan, itu semua tergantung dengan sikap yang kita berikan pada objek sasaran tersebut. Kalau kita sungguh-sungguh, insya Allah yang kita impi-impikan, yang kita gadang-gadang, yang kita inginkan akan terwujud. Karena man jadda wa jada. Siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan mendapat. Nah, kalau pas kita ndak sungguh-sungguh tapi malah berhasil, itu bonus dan anugerah dari Allah. Bayangkan aja kalo’ kita nggak pernah nabung di Bank trus tiba-tiba kita dapat hadiah utama berupa mobil Avanza keluaran terbaru karena kita menang undian. Haiaah…
^^
Contoh kongkritnya begini. Misalnya, kita dikasih kesempatan buat belajar Kimia selama sebulan sebelum ulangan datang. Bagi mereka yang mempersiapkannya dari jauh-jauh hari, dibuktikan dengan rajin berlatih dan tiap hari ngulangin pelajarannya, ya insya Allah dia bisa mengerjakan pas ulangan datang. Nah, bagi yang nggak pernah belajar dan membuka catatan untuk belajar, cuma mengandalkan Sistem Kebut Semalam (SKS) untuk menghadapinya (Duh, merasa tersindir ^^) bisa dilihat kan, hasilnya pas ulangan ntar? Keringat dingin keluar, wadhuh… pakai rumus yang mana yuaa?? Hmmm. Akhirnya, nggak maksimal deh ngerjain ulangannya. (tidak berlaku bagi anak cerdas yang telah diberi anugerah sama Allah dari sananya ^^)

Wuuaah. Kalau sudah begitu, pasti rasanya menyesal banget. Kepengen memutar waktu dan tidak mengulangi lagi kesalahan yang telah dibuat. Pengen mbalik baju biar nggak kejadian, Lho??

***

Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (Q.S Ar Ra’d: 11)


***

Hmm… jadi menyesal dan merasa bersalah. Betapa banyak tugas dan kesempatan yang sebenarnya bisa kuusahakan dengan maksimal, namun tidak aku lakukan. Rasanya pengen mbanting diri sendiri (jangaan!!) ketika dikasih kesempatan buat ngikutin suatu lomba mewakili sekolah, yang notabene nggak semua anak bisa dapat kesempatan ini, aku malah menyepelekannya, ketika sudah bertempur dan hasilnya nggak memuaskan, rasanya sediih banget. Mau nyalahin siapa kalau bukan diri sendiri yang hina dina dan nggak pandai bersyukur ini??

Wuuaah… aku harus semangat lagi! Harus semangat! Tiap ada kesempatan, pergunakan itu sebaik-baiknya! Kesempatan nggak datang dua kali!! So, persiapkan dirimu, raih yang terbaik and Get It!! Kita pasti bisa!! Pasti selalu ada kesempatan dan peluang dalam kehidupan ini. Allah Maha Baik. Allah Maha Pemurah. Dia Maha Tahu apa-apa yang diusahakan oleh hamba-Nya. SEMANGAAAT!!! ^^

Komentar