Ungkapan hati anak Pramuka : Krambil yang selalu tersenyum

Ungkapan hati anak Pramuka : Krambil yang selalu tersenyum

Hmmm… bingung mau mulai dari mana. Tapi keinginan hati buat menulis tulisan ini sudah sangaat kuat. Terpendam begitu dalam di lubuk hati yang paling dalam. Menancap kuat bagikan akar pohon jati yang ditanam 100 tahun yang lalu. Haiiah… mulai lagi deh. Pokoknya aku merasa harus menuliskan “tulisan” ini. (walau belum tahu apakah ini pantas disebut tulisan, ^.^ eitzz.. yang penting dah nulis gitu)
***
Akhir-akhir ini banyak saya jumpai di pasar2, di mal2, di plaza senayan, di berita televisi, banyak yang menyebut pramuka dengan sebutan “krambil”. Haiaah!! Ehm.. maksudnya di Wonogiri pada umumnya dan anak smansari pada khususnya.
***
Ketika ada anak kelas X yang berlari-lari dari luar gerbang sekolah pada hari jum’at pukul 13.30, seorang anak, murid smansari juga, bertanya pada anak kelas X itu,
“Dek, ikut ekstra apa?”
“Pramuka, kak.”
“Ouww.. krambil to..”
Atau yang seperti ini. (baru saja terjadi, xixixixi…)
“Siapa sih yang bikin acara baksos kaya’ gini?? Udah baju, uang 2ribu, mie, gula, apa lagi coba??”
Seseorang memancing bertanya. Mengundang jawaban yang lain.
“Pramuka!! Krambil!!”
“Niat pengen mbantu orang sih, Oke. Berpahala. Tapi nyusahin temen2nya!!”
Bahkan, ada yang lebih anarkis, ketika menyambut niat baik pramuka buat baksos di bulan puasa penuh berkah ini.
“Hancurkan krambiiil!!!”
“Bakar krambil!!!”
Ouwh.. melas sekali kedengerannya. Hmmm… krambil lagi, krambil lagi. Duhai kasian nian engkau, krambil…
***
Menanggapi yang “begitu2” dari temen2 se smansa, saya dan semoga teman2 se-ambalan juga, hanya bisa tersenyum dan menarik napas panjang. Lepaaas jiwa….. haaah!! :p Kami juga punya argumen yang kagak kalah keren kok, dari mereka.
Pramuka itu, ekstra terbesar di smansa. Hayo, coba sebutin ekstra mana yang paling banyak ngadain kegiatan selain pramuka???
Pramuka itu ekstra yang punya seragam pramuka khusus di smansa. Hayo, coba sebutin ekstra mana yang punya baju bantara kaya’ gini???
Pramuka itu ekstra yang paling erat kekeluargaannya.
Pramuka itu ekstra yang komplit, mencakup semua unsur ekstra yang dibutuhkan seorang manusua buat bertahan hidup.
Pramuka itu punya dasadharma n trisatya. Hayyo, ekstra mana yang punya???
Anak2 pramuka banyak yang sukses di manapun ia berada.
Wuah… buanyak banget deh, statement dan pernyataan yang nyatain kalo’ pramuka itu kueren abizzz!!! Saya bangga jadi anak pramuka :p
***
Buat ekstra2 yang lain atau temen2 non ekstra , maaf ya… kita sama kok, sama2 ekstra dibawah naungan osis smansa. Nggak ada maksud apa2 buat nyebutin kelebihan ekstra pramuka. Cuma, saya sudah tegaskan di atas tadi. Satu hal: KAMI BANGGA JADI ANAK PRAMUKA. Jadi, ndak apa2 deh, kalo’ temen2 ada yang manggil kita krambil. No problem. Kami tau kalian Cuma bercanda, tapi jangan terlalu, ya. Kasian temen2 pramuka lain yang merasa sedih ataupun tersinggung. Apalagi, ini bulan puasa. Ya, ga??
***
Meluruskan “perbincangan” teman2, aksi2 pramuka, mungkin terdengar berlebihan di mata kalian. Namun, sekali lagi. Niat kami tulus. Kami ikhlas. Kami Cuma mau ngamalin trisatya dan dasadharma yang saban jum’at kali ucapin bersama2. Kami Cuma mau jadi anak Indonesia yang berguna bagi nusa dan bangsa. Kami nggak mau jadi anak muda yang kerjaannya Cuma hura2, nyalurin kesenangan sesaat saja, atau nge-habisin duit orang tua. (bener ya?? Insya Allah ^^)
Contohnya, kegiatan baksos yang baru2 saja. Banyak temen2 yang pada komplain. Katanya ngehabisin uang mereka aja. Halooow.. teman2.. ini bulan puasa! Bulan di mana amalan kebaikan dilipatgandakan pahalanya. Bulan yang suci yang jangan sekali-kali kita mengotorinya dengan perbuatan yang tercela. Kegiatan ini banyak manfaatnya, kok. Selain agenda tahunan pramuka, baksos ini juga melatih kita buat sedikit “peka” dengan saudara2 kita yang lain. Nglatih koordinasi temen2 se kelas. Latian sabar. Latian ikhlas. Banyak deh…
***
Buat temen2 yang nyebut kami dengan “krambil”, tidak apa2. Kami nggak marah. Kami malah seneng dan memberikan apresiasi yang gede buat temen semua. Kalo’ dipikir, krambil alias kelapa tuh banyak manfaatnya. Ya, ga? (iyalah ^^) Seluruh tubuhnya, mulai dari akar, batang, daun, bunga, buah, sampai pelepah2nya, semuanya berguna. Kami nggak mau kalo’ ekstra kami ini jadi ekstra yang sia2. Kami mau jadi ekstra yang berguna. Makasih temen2, udah manggil kami krambil. Bahkan, ada yang bilang kami ini tukang jualan krambil. Karena di logo ambalan kami, terutama untuk ambalan nyi Ageng Serang, di atas gambar tunas kelapa, ada tulisan “sedia”. Kalo digabungin kan jadinya : SEDIA KELAPA. Hmm… tak apa2 teman, kalian bilang begitu. Walaupun hanyalah sekedar bercanda. Kami nggak mendongkol. Kami insya Allah nggak akan nge-bales. Tapi, andai teman2 tahu, apa arti sesungguhnya dari simbol2 di logo kami, teman2 insya Allah akan terpana dan kagum. (semoga ^^V) lalu berbondong2 masuk ekstra kami. (hlooh??? :p)
Temen2, tak apa kami kalian sebut “krambil”. Tapi tolong, konotasikan itu dengan hal2 yang positif. Kami adalah anak pramuka. Kami ingin mengubah dunia menjadi lebih ceria. Kami ingin menjadi sesuatu yang berguna bagi kemajuan agama, bangsa, dan negara. Jadi, kalo’ ada sebutan2 seperti krambil tadi, insya Allah kami akan tetap tersenyum!! ^^
***
“Kita adalah apa yang kita pikirkan. Jika kita rasa kita ini baik, insya Allah demikianlah adanya, begitu juga sebaliknya”
“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”
“balaslah keburukan dengan kebaikan yang kau punya. Membalas dendam adalah perbuatan tercela yang sama sekali tidak ada gunanya.”
***
Buat semua anak pramuka smansa,,, SEMANGAT Ya!!! Allah selalu bersama kita! Amalkan dasadharma dan trisatya. Jaga image pramuka, dan ayo bersama2 ikhlas tuk tunaikan tugas mulia!!! ALLAHUAKBAR!! ^^

Komentar